Freeport Penyumbang PNBP Terbesar Sektor Mineral, KPC di Batu Bara

Image title
15 September 2018, 08:00
Freeport
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat hingga pertengahan September 2018, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di sektor mineral dan batu bara (minerba) sudah melampaui target. Penyumbang terbesar di sektor mineral adalah PT Freeport Indonesia. Sedangkan di batu bara adalah PT Kaltim Prima Coal.

Freeport Indonesia menyetor PNBP yang terdiri dari iuran tetap, dan royalti sebesar Rp 3,02 triliun. Selain Freeport, penyumbang PNBP terbesar di sektor mineral adalah PT Amman Mineral Nusa Tenggara Rp 310,38 miliar. Lalu, PT Aneka Tambang Tbk hanya Rp 243,8 miliar.

Secara total, PNBP dari sektor mineral mencapai Rp 6,09 triliun. Angka itu terdiri dari iuran tetap sebesar Rp 251,8 miliar, dan royalti Rp 5,84 triliun.

Adapun untuk batu bara, PT Kaltim Prima Coal menyetor PNBP sebesar Rp 4,29 triliun. Sedangkan PT Adaro Indonesia membayar PNBP Rp 3,2 triliun.

Sehingga, PNBP dari sektor batu bara sebesar Rp 27,4 triliun. Perinciannya, iuran tetap sebesar Rp 182,95 miliar, royalti Rp 14,4 triliun dan penjualan hasil tambang Rp 12,8 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...