Arcandra Sebut BP dan Pertamina Capai Kesepakatan Jual Beli Kondensat

Anggita Rezki Amelia
21 September 2018, 19:34
TBBM Pertamina Maumere
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyatakan BP dan PT Pertamina (Persero) telah mencapai kesepakatan mengenai jual beli kondensat. Ini merupakan bagian dari langkah pemerintah mengurangi impor.

Arcandra mengatakan sudah menerima laporan dari BP per hari ini, Jumat (21/9). Dalam laporan itu disebutkan sudah ada kesepakatan kedua belah pihak. "Katanya sudah deal mereka. Tadi sudah lapor ke saya, BP bilang begitu," ujar dia di Jakarta, Jumat (21/9).

Arcandra belum mau menyebut harga yang disepakati antara BP dan Pertamina. Ini karena harga itu merupakan urusan bisnis kedua belah pihak.

Tak hanya menyebut harga, Wakil Menteri ESDM itu tidak menyebut volume yang disepakati. Yang jelas, selama semester I tahun 2018, BP sudah mengekspor 2,8 ribu barel per hari (bph) yang menjadi jatahnya.

Pihak BP dan Pertamina belum bisa berkomentar mengenai hal itu. Hingga berita diturunkan, Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito belum membalas pesan yang disampaikan

Selain BP, menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto ada Energi Mega Persada (EMP) dan Premier Oil yang sepakat menjual minyaknya ke Pertamina. Adapun EMP menjual minyaknya dengan formula harga minyak Indonesia ditambah US$ 2 per barel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...