Amazon Akan Investasi Rp 14,5 Triliun di Indonesia dalam 10 Tahun

Rizky Alika
23 September 2018, 05:46
Amazon Locker
ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson
Seorang pria berjalan melewati iklan Loker Amazon di depan toko makanan di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Senin (19/3).

Rencana raksasa e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon, untuk berinvestasi di Indonesia makin mengerucut. Hal tersebut setelah Vice President Amazon Werner Vogels bertemu Presiden Joko Widodo di Hanoi, Vietnam, akhir pekan ini.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Amazon akan menanamkan modal setidaknya US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,5 triliun. Dana sebesar itu tidak sekaligus dikucurkan dalam satu paket, namun bertahap selama 10 tahun. “Mereka menyampaikan minat untuk berinvestasi dalam bentuk cloud computing,” kata Sri di kantornya, Jakarta, Jumat (21/9). 

(Baca juga: Amazon Jajaki Ekspansi ke Indonesia)

Cloud computing merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Teknologi komputasi awan seperti ini juga telah dikembangkan oleh pemain besar yang lain seperti Google dengan Google Drive-nya atau Microsof t melalui Dropbox.

Namun sebelum melakukan ekspansi, pemerintah masih membahas ketentuan investasi dan perpajakan di Indonesia dengan Amazon. Sri mengatakan pemerintah sudah berpengalaman memajaki raksasa teknologi seperti Google Inc. Oleh karena itu, pemerintah juga ingin menerapkan hal yang sama untuk Amazon. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...