Atasi Kisruh Beras, Kadin Siap Sampaikan Usulan ke Pemerintah

Michael Reily
24 September 2018, 17:55
Petani Indonesia
Katadata

Kisruh impor beras yang melibatkan Menteri Perdagagan Enggartiasto Lukita dengan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso turut menarik perhatian kalangan pengusaha. Guna memecahkan akar persoalan dan mendapatkan solusi terkait polemik impor beras, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan siap memberi usulan dan rekomendasi kepada pemerintah. 

Ketua Kadin Rosan Roeslani mengungkapkan permasalahan utama polemik beras, menurutnya terdapat pada pendataan. “Data tunggal itu tanggung jawab bersama, itu kesimpulan pokok masalahnya,” kata Rosan dalam diskusi mengenai ketahanan pangan di Jakarta, Senin (24/9).

(Baca : Kisruh Berjilid-jilid Impor Beras yang Berujung “Perang” Menteri)

Selain Rosan, diskusi tersebut juga turut dihadiri Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Agribisnis, Pangan, dan Kehutanan, Franky Widjaja; Komite Ketahanan Pangan Kadin Franciscus Welirang; Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso; Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi; serta Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Kasan.

Rosan menjelaskan, Kadin akan membantu pemerintah mencari solusi terbaik dalam kebijakan perberasan dengan tujuan utama salah satunya untuk peningkatan kesejahteraan petani maupun masyarakat. Kadin akan menemui tim dari pemerintah untuk mendiskusikan lebih lanjut jalan keluar terkait masalah pendataan dan memberi rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo.

“Kami mencoba menjembatani supaya semuanya kondusif, dalam sebulan akan kami laporkan,” ujar Rosan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...