ENI Buka Lelang Konstruksi Proyek Lapangan Merakes

Anggita Rezki Amelia
24 September 2018, 17:10
Rig
Katadata

Eni membuka lelang paket pengerjaan rekayasa, pengadaan dan konstruksi (Engineering Procurement Construction/EPC) Proyek Lapangan Merakes di Blok East Sepinggan, Kalimantan Timur. Ini merupakan tindak lanjut dari  persetujuan pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) yang diperoleh perusahaan asal Italia itu.  

Deputi Pengendalian Pengadaan  Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Tunggal menyatakan sudah menyetujui rencana tender  paket pekerjaan EPC proyek Merakes. Proses tender berlangsung selama tiga bulan ke depan sejak Agustus.

Advertisement

Pelaksanaan tender konstruksi proyek tersebut diikuti vendor yang telah lulus tahap prakualifikasi sebelumnya."Selama proses tender kami tidak boleh campur tangan, sekarang masih menunggu laporan hasilnya," ujar dia kepada Katadata.co.id beberapa waktu lalu.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar pernah mengatakan nilai Proyek Merakes berhasil dipangkas sebesar US$ 1,08 miliar atau sekitar Rp 15 triliun. “Itu operational expenditure dan capital expenditure. Eni juga setuju,” kata dia di Jakarta, Kamis (31/5).

Dengan pemangkasan itu maka penggantian biaya operasional kontraktor yang harus dibayarkan pemerintah (cost recovery) juga semakin berkurang. Akan tetapi, pemangkasan itu tidak mengubah kapasitas produksi migas dari proyek tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement