Pemerintah Siapkan Aturan Demi Target 1 Juta Jaringan Gas

Anggita Rezki Amelia
25 September 2018, 19:19
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas rumah tangga (jargas) terus bertambah dalam lima tahun ke depan. Bahkan, untuk mengejar target satu juta jargas, pemerintah sedang menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang jargas.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan target satu juta jargas pada 2023 itu merupakan rencana jangka panjang pemerintah. Adapun, draf Perpres tersebut sudah diparaf sejumlah menteri terkait, seperti Menteri ESDM, Menteri Dalam Negeri, Menteri Sekretariat Negara, dan Menteri Keuangan.

Namun, draf itu belum diparaf, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Ini karena Luhut masih berada di Amerika Serikat dalam rangka kunjungan kerja.

Meski begitu, Perpres tersebut diharapkan dapat terbit dalam waktu dekat. Alasannya untuk bisa mencapai 1 juta SR pada 2023, setiap tahunnya perlu tambahan 200 ribu SR. Sehingga perlu langkah cepat.

Keberadaan Perpres tersebut bisa memudahkan proses pembangunan jargas di lapangan dari beberapa kendala seperti pembebasan lahan. "Tujuan perpres ini adalah pemanfaatan gas dalam negeri," ujar Djoko di Jakarta, Selasa (24/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...