Pesan Politik Jokowi Saat Penyerahan Sertifikat Lahan

Ameidyo Daud Nasution
27 September 2018, 07:00
Jokowi dan Si Pemanjat Tiang Bendera Asal Belu (NTT)
www.setkab.go.id
Presiden mengundang Joni, siswa kelas 1 SMP Negeri Silawan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), ke Istana Negara, Senin (20/8)

Dalam dua hari terakhir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sibuk membagikan sertifikat tanah di wilayah penyangga Jakarta. Secara simbolik ada 27 ribu sertifikat yang diserahkan Presiden kepada masyarakat di beberapa wilayah tersebut. Kemarin, sebanyak 20 ribu sertifikat diberikan di Serpong, Tangerang Selatan, sedangkan 7.000 sertifikat diberikan hari sebelumnya di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Dalam acara bagi-bagi tersebut, Jokowi memberikan pesan agar masyarakat menyimpan dokumen legal ini dengan rapi. Sehingga, sengketa lahan di tengah masyarakat yang kerap terjadi dapat berkurang.

Dalam kesempatan-kesempatan itu, dia juga menyisipkan pesan bagi masyarakat agar tidak terbelah menjelang kontestasi politik saat ini. Mantan Wali Kota Solo itu meminta masyarakat tidak terbawa isu fitnah yang terjadi sejak 2014. Salah satunya tentang tuduhan dirinya adalah kader Partai Komunis Indonesia (PKI). “Jangan sampai Pilpres 2014 sampai sekarang masih dibawa-bawa,” kata Jokowi di Serpong.

(Baca juga: Musim Kampanye Pilpres Tiba, Bolehkah Jokowi Tetap Berbagi Sepeda?)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta politik dipenuhi adu prestasi, program, ide, dan gagasan. Masyarakat pun diharapkan tidak termakan isu yang kerap dibawa politisi untuk saling mencemooh dan membelah bangsa karena hal itu hanya akal-akalan mereka semata.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...