Grab Sediakan 7 Layanan untuk Gaet 20 Juta Turis Asing

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Hari Widowati

Jum'at 28/9/2018, 08.11 WIB

Ketujuh layanan itu adalah GrabCar Rent; GrabCar Plus; GrabDaily; GrabFood; GrabRewards; GrabChat; dan menyediakan berbagai fasilitas digital untuk wisman.

Grab Taksi
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan penyedia layanan on-demand Grab menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menghadirkan Smart Tourism. Grab pun menyediakan tujuh layanan untuk mendukung program Wonderful Indonesia dan mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta wisatawan pada 2019.

Ketujuh layanan itu adalah layanan sewa mobil GrabCar Rent; GrabCar Plus; GrabDaily; GrabFood; GrabRewards; GrabChat; dan menyediakan berbagai fasilitas digital untuk wisman. "Kami siap menyukseskan program Wonderful Indonesia dan mengembangkan potensi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru dunia," ujar Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam siaran pers yang diterima Katadata, Kamis (27/9).

Penandatangan perjanjian kerja sama itu dilakukan oleh Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara dan Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ni Wayan Giri Adnyani dengan Ridzki Kramadibrata. Pada kesempatan itu, hadir pula Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Lewat kerja sama ini, Grab optimistis bisa membantu pemerintah mencapai target 20 juta kunjungan wisman pada 2019. "Program berskala internasional ini membuka kesempatan luas tak hanya bagi pelaku industri pariwisata, tetapi juga pelaku ekonomi dalam negeri, masyarakat setempat, dan infrastruktur lokal untuk berkembang dan memeroleh manfaat," ujarnya.

Secara rinci, Grab menyediakan layanan GrabCar Rent Wonderful Indonesia supaya wisatawan dalam dan luar negeri bisa menyewa kendaraan selama 4-12 jam. Lalu, Grab melibatkan mitra pengemudi bintang lima untuk menyediakan layanan GrabCar Plus Wonderful Indonesia. Grab juga menyediakan akses informasi yang relevan mengenai pariwisata melalui GrabDaily.

Fitur GrabFood akan memberikan rekomendasi restoran kepada wisatawan. Selain itu, pengguna aplikasi Grab bisa menukarkan poin GrabRewards untuk kategori travel supaya dapat penawaran menarik.

(Baca: Persaingan Go-Jek dan Grab Melebar ke Bisnis Konten dan Investasi)

Grab juga menyediakan fasilitas digital bagi bagi wisatawan seperti lounge, pusat informasi (tourist information center), charging station, WiFi, serta area peristirahatan untuk mitra pengemudi di beberapa destinasi wisata terpilih. Pada tahap awal, Grab menjalin kerja sama dengan beberapa pengelola obyek wisata seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Jatim Park Group, Istana Maimun, dan Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Grab juga menyediakan fitur GrabChat atau layanan pesan singkat di dalam aplikasi. Fitur ini menyediakan template pesan yang telah diterjemahkan secara otomatis. Ia mencontohkan, kalimat “Baik, saya akan segera sampai” yang tersedia dalam lima bahasa yakni Indonesia, Melayu, Mandarin, Thailand, dan Vietnam.

(Baca: Grab Siapkan Rp 3 Triliun untuk Investasi ke Startup)

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha