Perbesar Pangsa Produk Makanan, Indofood CBP Akusisi Saham Nestle

Image title
Oleh Ekarina
28 September 2018, 19:44
Gedung Indofood Tower.
KATADATA / Agung Samosir
Gedung Indofood Tower.

Produsen makanan dan minuman, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mengakuisisi seluruh saham Nestle S.A dalam perusahaan patungan di bidang produksi dan distribusi makanan yakni PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia (NICI) senilai total Rp 314 miliar. Seluruh transaksi tersebut rencananya akan dibiayai dari kas internal perusahaan.

Corporate Secretary Indofood CBP Gideon A.Putranto menuturkan pada 27 September 2018, ICBP telah menandatangani conditional share sale dan perchase agreement (CSPA) dengan Nestle SA. Yang mana isinya, ICBP menyetujui pembelian saham Nestle di NICI sebanyak 100.000 lembar atau setara 50% dari total saham.

Advertisement

(Baca : Tambah Kapasitas Pabrik, Indofood Siapkan Belanja Modal Rp 9,1 Triliun)

"Diperkirakan transaksi ini dapat diselesaikan pada akhir Oktober 2018 setelah seluruh kondisi yang dipersyaratkan dalam CSPA dipenuhi,"kata Gideon dalam keterangan resmi dikutip dari laman Bursa Efek Indonesia, Jumat (28/9).

Setelah proses akuisisi itu rampung, maka NICI akan menjadi anak perusahaan perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%. Perusahaan juga berharap akuisisi berdampak positif terhadap kinerja perusahaan, terlebih dengan prospek usaha produk kuliner Indonesia yang tetap menjanjikan ke depan.

PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia (NICI) merupakan perusahaan patungan Nestle dan ICBP yang bergerak dalam bidang produksi aneka bumbu masakan seperti Indofood Bumbu Racik, Indofood Kecap Manis, Indofood Sambal dan Maggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement