Kemenpora Terima Api Obor Asian Para Games 2018

Tim Publikasi Katadata

Selasa 2/10/2018, 10.23 WIB

Antusias warga menyambut pawai obor Asian Para Games sungguh luar biasa. Sejak dari Solo (5/9), ke Ternate saat bertepatan Haornas, dilanjutkan ke Makassar

Menteri Pmeuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama Presiden APC Majid Rashed dan Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari hari Minggu (30/9) sore, menerima api
Katadata

Setelah melalui tujuh kota, api abadi Asian Para Games 2018 yang diambil dari Mrapen Jawa Tengah tiba di Ibu Kota Jakarta. Menteri Pmeuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama Presiden APC Majid Rashed dan Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari hari Minggu (30/9) sore, menerima api abadi tersebut,  yang mengakhiri rangkaian perjalanan obor. Torch Relay, diarak mulai dari Balai Kota DKI Jakarta dan berakhir di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

 Antusias warga menyambut pawai obor Asian Para Games sungguh luar biasa. Sejak dari Solo (5/9), ke Ternate saat bertepatan Haornas, dilanjutkan ke Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, dan terakhir di Jakarta.  Sambutan masyarakat di tiap kota sangat meriah. Khusus DKI Jakarta, obor mulai dilepas dari Balai Kota oleh Gubernur DKI Jakarta Anise Baswedan, sampai masuk halaman Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sepanjang rute yang dilewati, masyarakat terus meneriakkan Indonesia tuan rumah Asian Para Games.

 "Saya terima obor api Asian Para Games ini sepenuh hati, kami akan menjaga, merawat, sekaligus akan terus menyemangati agar api semangat ini tidak padam sampai selesainya Asian Para Games," kata Menpora yang menerima obor dari atlet bowling APG Dilan Airlangga Abraham.

 Gelaran Asian Para Games 2018 ini merupakan yang ke-3. Namun, bagi Indonesia sangat istimewa, karena merupakan yang pertama menjadi tuan rumah. Diharapkan  APG akan sukses dari berbagai sisi. Setidaknya Indonesia akan tercatat dalam sejarah sebagai penyelenggra yang baik sangat ramah terhadap penyandang disabilitas. Tekad itu terus dikobarkan oleh pemerintah seiring perlakuan setara dan persamaan hak kepada para atlet penyandang disabilitas di semua hal. Termasuk berbagai bonus yang nanti akan didapatkan. Para atlet Asian Para Games akan menerima bonus yang sama dengan para atlet Asian Games.

 "Inilah Asian Para Games pertama di Indonesia, dan Insyaallah ini menjadi Asian Para Games terbaik sepanjang sejarah Asian Para Games. Terbaik penyelenggaraannya, terbaik persiapannya, terbaik dukungannya, terbaik rasa aman dan nyamannya, dan semoga juga terbaik prestasinya," harapan Menpora.

Ikut serta dalam acara serah terima obor, Presiden Asian Paralympic Committee (APC) Majid Rashed yang menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan panitia penyelenggara yang sudah mempersiapkan dengan baik Asian Para Games. Termasuk sambutan meriah dari masyrakat Indonesia sepanjang pawai obor. "Terima kasih kepada pemerintah dan INAPGOC yang telah mempersiapkan ini semua dengan baik, terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Indonesia yang menyambut luara biasa," kata Majid.

Hadir juga Deputi Menko PMK Nyoman Shuida, Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, Staf Ahli Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal, Asdep Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahardian, Waketum KONI Surya Dharma.

 

Kementerian Pemuda dan Olahraga

Kementerian Pemuda dan Olahraga

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha