Bagaimana Batik Iwan Tirta Tetap Eksis Sepeninggal Sang Maestro?

Desy Setyowati
3 Oktober 2018, 07:00
Iwan Tirta
Iwan Tirta Home
Koleksi Regalia pada lini furniture Iwan Tirta.

Delapan tahun sudah Iwan Tirta meninggal dunia, namun namanya tetap eksis sebagai salah satu merek batik kelas atas Indonesia. Widharmika Agung yang kini menjabat Chief Executive Officer (CEO) Iwan Tirta Private Collection menuturkan lika-liku usahanya menjaga nama besar Sang Maestro.

“Yang akan menjadi tantangan adalah untuk terus menciptakan seniman-seniman baru,” kata Widharmika di sela peluncuran boneka Barbie Kirana di Jakarta, Selasa (2/10).

Barbie Kirana merupakan boneka produksi PT Mattel Indonesia yang secara khusus mengenakan kostum batik Iwan Tirta. Peluncuran boneka ini bertepatan dengan Hari Batik Nasional.

Untuk memastikan regenerasi, Iwan Tirta terus merekrut anak-anak muda, baik sebagai desainer, maupun perajin batik. Saat ini, Iwan Tirta mempekerjakan sekitar 700 perajin batik di Jawa Tengah.

Selain itu, Iwan Tirta juga melakukan diversifikasi produk. Jika sebelumnya identik dengan batik tulis eksklusif pada bahan katun atau sutera sebagai bahan sandang bernilai jutaan rupiah, sejak tahun lalu Iwan Tirta mulai memproduksi furnitur, tas dan perhiasan. "Harapannya kategori baru itu bisa membuka pintu ekspor," kata Widharmika.

Untuk produk furnitur, Iwan Tirta merilis platform khusus bernama 'Iwan Tirta Home'. Saat ini, Iwan Tirta Home menawarkan produk bertajuk Regalia, yang menghadirkan motif Modang, Sawunggaling, Gurdo, dan Lataran Kembang Tebu pada perabot seperti lemari, sofa, coffee table, side table, dan lainnya.

(Baca juga: Semarak Hari Batik, Antara Citra dan Keluhan Pedagang)

Selain itu itu, Iwan Tirta juga menghadirkan perhiasan bernuansa batik dengan menggandeng desainer aksesoris seperti Rinaldy A Yunardi. Karya Rinaldy bahkan kerap dikenakan para selebritas Hollywood seperti Beyonce, Lady Gaga, Katy Perry, dan Nicki Minaj. 

Lewat diversifikasi produk ini, Widharmika berharap batik dikenal dan hadir di setiap kehidupan masyarakat Indonesia dan mancanegara. Namun, target awalnya adalah memperluas pasar hingga Asia Tenggara.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...