Kopi Cold Brew, Tren Baru atau Sekadar Alternatif Pilihan?

Dini Hariyanti
5 Oktober 2018, 19:17
bisnis kopi, kopi cold brew
Shopee
Proses cupping saat coffee workshop bersama Anomali Coffee dan Shopee, Jumat (27/7).

Kopi dengan metode penyeduhan air dingin atau cold brew menjadi alternatif varian minuman berbahan dasar biji kopi. Tapi agaknya cold brew sekadar menu selingan saja bagi penikmat kopi di Indonesia.

Almatius Surya, seorang penikmat minuman seduhan kopi, menyatakan bahwa dari segi rasa, cold brew relatif lebih ringan. "Itu mungkin karena proses pembuatannya yang harus diendapkan minimal 8 jam," katanya kepada Katadata.co.id, Jumat (5/10).

Namun ditanya pendapatnya mengenai kekhasan rasa cold brew secara keseluruhan, Almatius merasa tak ada yang spesial. Menu kopi seduhan dingin ini dipilihnya untuk membantu menyejukkan tubuh pada saat cuaca panas.

"Kalau dibilang khas, saya tidak tau khasnya di mana. Saya kalau minum cold brew itu kalau sedang kepanasan," tuturnya. (Baca juga : Alasan Kuliner Indonesia Kurang Populer di Luar Negeri)

Bagi Almatius, yang lebih menggiurkan dari minuman kopi adalah after taste alias sensasi rasa setelah menyeruputnya. After taste ini tidak terbatas pada sisa rasa di mulut tetapi apa yang dirasakannya secara keseluruhan selepas minum kopi, termasuk efek biologis kepada tubuh.

Mengutip majalah.ottencoffee.co.id dijelaskan, cold brew adalah minuman berbahan kopi yang dibuat dengan metode perendaman selama minimal 8 jam. Air yang digunakan untuk menyeduh adalah air biasa dengan suhu ruangan atau dengan air dingin.

Pada intinya, cold brew adalah kopi yang tidak pernah terkena paparan suhu panas. Minuman kopi dengan teknik penyeduhan dingin ini rasanya lebih ringan dengan kadar keasaman relatif lebih rendah.

Kopi seduhan dingin tersebut fokus kepada lama durasi ketimbang suhu panas untuk mengekstraksi kopi. Level gilingan yang biasa dipakai adalah medium-to-coarse.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...