Menteri Susi Larang Tambang di Laut Belitung, Ini Respons Arcandra

Arnold Sirait
5 Oktober 2018, 15:47
Perahu pumpboat
Donang Wahyu|KATADATA
ilustrasi laut.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar  akan mencari teknologi ramah lingkungan untuk kegiatan penambangan di laut, termasuk Belitung. Ini terkait komitmen Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk tidak memberikan izin penambangan di laut Belitung dan Belitung Timur, 

Arcandra mengatakan sudah berkunjung ke Bangka Belitung bersama Susi, Kamis (4/10). “Jadi kemarin itu bentuk sinergi kami dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tambang di 0 hingga 2 mil, Ibu Susi minta bisa tidak teknologi yang ramah lingkungan,” kata dia di Jakarta, Jumat (5/10).

Kunjungan tersebut juga dalam rangka cek lapangan. Dalam kunjungan tersebut, menurut Arcandra, ada teknologi ramah lingkungan yang dikembangkan PT Timah Tbk. Sayangnya, itu baru diimplementasikan di darat.

Untuk itu, saat ini sedang mencari teknologi yang ramah lingkungan untuk kegiatan tambang di laut. Adapun, teknologi ramah lingkungan untuk penambangan di darat yang sedang dikembangkan Timah itu nantinya hanya lewat bor seperti minyak dan gas bumi. Tidak lagi tambang terbuka (open pit).

Nantinya, menurut Arcandra, Kementerian ESDM akan mensyaratkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di laut menggunakan teknologi ramah lingkungan. Ini demi menjaga ekosistem. “IUP tetap di kami, nanti disyaratkan saja,” ujar dia.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...