Disambangi Deputi PM Malaysia, Jokowi Bahas Masalah Sekolah Anak TKI

Ameidyo Daud Nasution
9 Oktober 2018, 15:38
Joko Widodo
ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia
Presiden Joko Widodo bertemua Deputi PM Malaysia Wan Azizah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Deputi Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail di Istana Bogor. Selain perkenalannya sebagai Deputi Perdana Menteri, Wan Azizah juga membahas berbagai hal dengan Presiden.

Salah satu yang dibahas kedua pemimpin ini yakni nasib anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di wilayah Semenanjung Malaya. Jokowi menyampaikan anak TKI belum mendapatkan pendidikan layaknya kawan sebayanya di Sabah dan Sarawak. Dia pun meminta ada semacam community learning center di wilayah Semenanjung.

“Kami minta dibentuk karena jumlah anak TKI di sana cukup banyak,” kata Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi yang ikut pertemuan tersebut di Bogor, Selasa (9/10). (Baca juga: Jokowi Bertemu Anwar Ibrahim Bahas WNI di Malaysia Hingga Sawit)

Soal TKI ini pernah pula disampaikan Jokowi kepada Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Begitu juga mengenai penculikan dua pekerja asal Indonesia di perairan Sabah yang bekerja di kapal ikan Malaysia. Karenanya perlu perhatian otoritas Malaysia untuk meningkatkan kerja sama dalam menjaga keamanan perairan laut.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengestimasi paling tidak ada 40 ribu anak TKI ilegal di wilayah Semenanjung. Untuk mengakses sekolah Kedutaan Indonesia, mereka harus menempuh jarak jauh. “Bisa 100 atau 150 kilometer,” kata Nusron.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...