Grab Luncurkan Layanan Sewa Mobil

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Pingit Aria

Rabu 10/10/2018, 15.56 WIB

Grab juga menghadirkan layanan premium dengan pengemudi terpilih.

Grab
Katadata/Linia Firsty Dea Shafira
Grab meluncurkan Sewa GrabCar di Jakarta, Rabu (10/10).

Penyedia layanan transportasi online, Grab hari ini meluncurkan layanan sewa mobil dan layanan premium. Produk ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari GrabCar dengan peningkatan pelayanan bagi para profesional dan masyarakat perkotaan lain.

Marketing Director Grab Indonesia Mediko Azwar mengatakan, dengan layanan Sewa GrabCar, pengguna dapat menyewa mobil serta pengemudinya selama 4-12 jam melalui aplikasi. Opsi ini, menurutnya akan memudahkan konsumen untuk bepergian ke beberapa tujuan.

Hal ini menurutnya jauh lebih mudah ketimbang menyewa kendaraan secara konvensional yang harus dilakukan beberapa hari sebelumnya. Selain itu layanan ini juga fleksibel dan transparan sehingga pengguna tidak dipungut tambahan biaya bahan bakar atau ongkos tambahan lainnya.

"Beda dengan sewa lainnya, kami pesan biasa langsung datang. Ini buat perjalanan ke beberapa titik," kata Mediko di Jakarta.

Sedangkan GrabCar Plus memastikan konsumen mendapatkan pengemudi mobil bintang lima yang andal, kepastian penjemputan maksimal 10 menit, hingga kenyamanan berkendara. Hanya, tarifnya sedikit lebih mahal ketimbang layanan  reguler GrabCar.

(Baca juga: Microsoft Umumkan Rencana Investasi ke Grab)

"Ada perlengkapan penunjang (amenities) yang membuat penumpang nyaman. Sehingga para profesional sambil berpindah tetap dpaat membuka laptop (dengan tenang)," kata Mediko.

Sedangkan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kamadibrata mengatakan produk baru ini dikeluarkan sebagai bentuk inovasi Grab. "Ini akan mengukuhkan posisi kami sebagai layanan (aplikasi online) yang paling banyak digunakan yakni 65% pangsa pasar," klaim Ridzki.

Sebelum Grab, layanan sewa mobil juga telah disediakan oleh platform pemesanan tiket online seperti Tiket.com. Bedanya, jika Grab menetapkan tarif all in, aplikasi lain hanya menghitung ongkos sewa mobil dan jasa pengemudi.

Sebagai perbandingan, tarif Sewa Grabcar di Jakarta mulai Rp 290 ribu untuk 4 jam, hingga Rp 550 ribu untuk 12 jam. Sementara di Tiket.com, tarif sewa termurah untuk kendaraan jenis Avanza di Jakarta sebesar Rp 275 ribu per 12 jam. Hanya, di Tiket.com, pengguna masih harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bahan bakar, tarif tol, parkir, dan lain-lain.

Reporter: Ameidyo Daud

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha