Pertamina Naikkan Harga BBM Nonsubsidi Mulai Hari Ini

Penulis: Anggita Rezki Amelia

Editor: Arnold Sirait

Rabu 10/10/2018, 10.28 WIB

Perubahan harga disebabkan kenaikan harga minyak.

BBM SPBU
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) akhirnya menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi. Kenaikan harga ini berlaku mulai hari ini (10/10) di seluruh Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU) kecuali wilayah yang terkena bencana alam seperti di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah.

Adapun, produk yang mengalami kenaikan harga adalah Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non Public Service Obligation (PSO). Sedangkan harga BBM Premium, Biosolar PSO dan Pertalite tidak naik.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik. Saat ini harga minyak dunia rata-rata menembus US$ 80 per barel.  

Penetapannya mengacu pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 34 tahun 2018. Aturan itu merupakan Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

Atas ketentuan tersebut, maka Pertamina menetapkan penyesuaian harga. Sebagai contoh di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, harga Pertamax Rp 10.400 per liter dari sebelumnya Rp 9.500 per liter. Lalu, Pertamax Turbo naik Rp 1.550 per liter menjadi Rp 12.250 per  liter.

Pertamina Dex naik menjadi Rp 11.850 per liter dari sebelumnya Rp 10.500 per liter, Dexlite naik dari Rp 9.000 per liter jadi Rp 10.500 per liter. Adapun harga Biosolar Non PSO kini Rp 9.800 per liter, awalnya Rp 7.700 per liter

 “Harga yang ditetapkan ini masih lebih kompetitif dibandingkan dengan harga jual di SPBU lain,” kata External Communication Manager PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita, berdasarkan keterangan resminya Selasa (10/10).

(Baca: Shell Dua Kali Naikkan Harga BBM Dalam Sebulan Terakhir)

Selain Pertamina, Shell juga menaikkan harga BBM. Kini harga BBM jenis Super yang beroktan 92 atau setara Pertamax harganya Rp 10.100 per liter. Kemudian, V-Power yang beroktan 93 harganya Rp 11.400 per liter.