Penetrasi Baru Go-Jek ke Pasar Mobile Marketplace Melalui Go-Deals

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Muchamad Nafi

Kamis 11/10/2018, 14.27 WIB

Go-Deals akan menyasar pasar milenial dengan rentang usia 18-35 tahun, sesuai dengan segmen Go-Jek selama ini.

Pengguna Telepon Seluler atau Handphone
Katadata
Ilustrasi pengguna telepon seluler dan sosial media

Perusahaan penyedia jasa berbasis digital Go-Jek meluncurkan layanan mobile marketplace terbarunya bertajuk Go-Deals. Fitur ini menghadirkan penawaran jenis promo berbagai kategori kebutuhan sehari-hari bagi pengguna aplikasi Go-Jek.

Vice President Go-Deals Michael Perera mengatakan fitur ini berisikan lebih dari seribu voucher penawaran. Voucher tersebut berasal dari 800 toko atau merchant yang bermitra dengan Go-Deals. “Terdapat 15 kategori voucher yang bisa dimanfaatkan oleh para pelanggan setia Go-Jek, seperti makanan, hobi, layanan, hingga travel,” kata Michael di Jakarta, Kamis (11/10).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

(Baca juga: Rilis Versi Situs, Go-Tix Incar 181 Juta Pengguna Usia Produktif)

Menurut Michael, Go-Deals akan menyasar segmen milenial dengan rentang usia 18-35 tahun, sesuai dengan segmen Go-Jek selama ini. Karena itu, Go-Deals bakal menonjolkan keunikannya melalui merchant-merchant yang tak ditemukan di mal online atau  marketplace lain, salah satunya Filosofi Kopi.

Selain itu, beberapa merchant yang sudah familiar di marketplace lain akan memberikan penawaran lebih baik di Go-Deals. Saat ini, jumlah penawaran unik dari seluruh merchant yang telah bermitra mencapai 40 persen. “Harapan kami penawaran unik ini dapat mencapai 70 persen,” kata Michael.

Tak hanya itu, Go-Deals juga memiliki kategori New Deals dan Regional Deals. Melalui New Deals, pengguna bisa mengetahui penawaran terbaru yang tersedia melalui fitur ini. Sementara Regional Deals merupakan penawaran khusus yang hanya tersedia di kota-kota tertentu. Selain di Jakarta, merchant yang telah bermitra dengan Go-Deals baru di Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

(Baca pula: Akuisisi Promogo, Go-Jek Luncurkan 3 Layanan Sekaligus ).

Dengan kategori tersebut, Michael berharap Go-Deals dapat mendukung bisnis lokal di berbagai wilayah tersebut. “Sehingga membantu memperluas pasarnya sekaligus memudahkan masyarakat setempat untuk menikmati berbagai tawaran menarik,” kata Michael.

Kemudahan lain yang ditawarkan layanan ini adalah melalui sistem pembayaran. Para pengguna nantinya tak hanya dapat bertransaksi langsung di lokasi merchant setelah membeli voucher promo. Mereka pun dapat bertransaksi di Go-Deals melalui fitur Go-Pay yang telah ada di aplikasi Go-Jek. Begitu sudah menemukan vouchernya, pemakai bisa beli menggunakan Go-Pay.

Go-Deals tak hanya dapat dimanfaatkan untuk mencari berbagai penawaran promo. Para pengguna bisa juga memanfaatkan fitur ini untuk berdonasi ke berbagai lembaga sosial mulai dari Rp 5.000 hingga 50.000. (Baca juga: Go-Jek Dikabarkan Galang Investasi Baru Rp 29,6 Triliun).

Menurut Michael, Go-Deals telah bermitra dengan lembaga sosial seperti Rumah Zakat dan Yappika Action Aid. Kedua lembaga tersebut telah terakreditasi oleh pemerintah. “Jadi semua uang tidak ada yang diambil ke tempat lain. Semua langsung disalurkan kepada para korban yang membutuhkan melalui rumah donasi,” kata dia.