Menteri PUPR: Tiga Tol Siap Diresmikan Jokowi Bulan Ini

Ameidyo Daud Nasution
16 Oktober 2018, 15:29
Jokowi Tol Akses Tanjung Priok
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) meninjau jalan tol akses Pelabuhan Tanjung Priok usai peresmiannya di Jakarta, Sabtu (15/4). Pengoperasian Jalan Tol sepanjang 11,4 kilometer tersebut untuk memperlancar arus keluar masuk barang dari dan ke pelabuhan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan tiga ruas jalan tol pada bulan ini. Ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi Ciawi-Gombong, serta Tol Solo-Ngawi Seksi Sragen-Ngawi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan ketiga ruas tol dengan total panjang 103 kilometer (km) itu telah tuntas. "Tinggal menunggu jadwal Bapak Presiden (untuk meresmikannya)," kata Basuki, di Jakarta, Selasa (16/10).

Advertisement

Basuki mengatakan, tiga ruas tol tersebut merupakan bagian dari 13 tol yang diselesaikan tahun ini. Apabila ke-13 ruas tol tersebut selesai, panjang tol baru yang dioperasikan bisa mencapai 468 km. Beberapa ruas tol yang dalam proses penyelesaian, antara lain ruas Batang-Semarang hingga Salatiga-Solo. "Seperti ruas Batang-Semarang itu, Jembatan Kali Kuto sudah selesai dan sisanya dalam penyelesaian," kata dia.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sebenarnya ada satu lagi tol yang ditargetkan selesai bulan ini, yakni Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang. Adapun dua ruas tol yang akan diresmikan bulan depan adalah Salatiga-Kartasura dan Pemalang-Batang Seksi I dan II.

Pada Desember 2018 akan ada tujuh tol yang siap beroperasi, yaitu Wilangan-Kertosono, Porong-Gempol, Batang-Semarang, Gempol-Pasuruan Seksi III, Pasuruan-Probolinggo Seksi I-III, Grati-Probolinggo Timur, hingga tol Bakauheni-Terbanggi Besar Paket I-IV.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement