Gagal Dilelang Tahun Ini, Eni Tak Kapok Kejar Blok Makassar Strait

Anggita Rezki Amelia
22 Oktober 2018, 17:55
Rig
Katadata
ilustrasi blok migas.

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Italia, Eni gagal memperoleh Blok Makassar Strait yang dilelang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Penyebabnya adalah tak terpenuhinya persyaratan yang ditetapkan pemerintah.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan secara komersial proposal Eni terkait blok Makassar Strait tidak ada masalah. Contohnya seperti pembahasan bonus tanda tangan dan komitmen kerja pasti sudah disepakati.

Advertisement

Hanya, ada syarat lain yang tidak bisa dipenuhi Eni. Sayang Arcandra tak mau merinci hal tersebut. "Penawaran Eni gugur dengan sendirinya," kata dia di Jakarta, Senin (22/10).

Di tempat yang sama, Vice President Eni Muara Bakau B.V Davide Casini Ropa juga tidak mau merinci syarat yang tidak bisa dipenuhi Eni pada lelang blok Makassar Strait tersebut. Meski gagal memenangkan blok itu, Eni masih berminat untuk mengelola Blok Makassar Strait jika dibuka kembali lelangnya oleh pemerintah.

Ketertarikan Eni ini karena memiliki fasilitas yang dekat dengan Makassar Strait. "Kami tertarik di Area Kutai Basin dan punya fasilitas dekat dengan blok itu," kata Davide.

Blok Makassar Strait masuk dalam salah satu blok migas yang dilelang pemerintah pada tahap dua. Jumlah blok yang dilelang sebanyak enam blok terdiri dari tiga blok eksplorasi dan tiga blok eksploitasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement