Gaya Sri Mulyani Menjelaskan Soal Utang ke Siswa SD

Rizky Alika
22 Oktober 2018, 13:34
Menteri Sri Mulyani Mengajar
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Ada yang berbeda di Sekolah Dasar Negeri Kenari 07, Jakarta, hari ini. Pagi tadi, siswa di sana mendapatkan pengalaman tak biasa. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajar murid kelas IV terkait utang, pajak, hingga penggunaan keuangan negara.

Sri Mulyani menawarkan lima peran kepada para siswa: Menteri Keuangan, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Siapa yang mau menjadi Menteri Keuangan?” tanya Sri Mulyani, Senin (22/10).

Advertisement

Hening sekejap. Tak murid yang mengajukan diri menjadi Menteri Keuangan. Alasannya, mengelola keuangan negara dapat membuat pusing. Siswa SD tersebut memilih menjadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). (Baca juga: Dua Sukhoi Barter dari Rusia Akan Tiba Saat Ulang Tahun TNI 2019).

Sri Mulyani merespons bahwa pesawat milik TNI AU dibiayai oleh Menteri Keuangan. Kemudian, terpilihlah lima murid untuk menjadi menteri. Sri Mulyani mengajak kelima murid untuk melakukan simulasi sebagai anggota kabinet.

Ia menjelaskan bahwa tugas Menteri Keuangan salah satunya memberikan uang kepada menteri yang lain. Murid yang menjadi menteri lainnya diajak untuk menentukan prioritas dalam memakai uangnya.

Tasya, Sang Menteri Keuangan Cilik, menanyakan alasan pemerintah berutang, padahal negara Indonesia kaya. Dengan pertanyaan itu, Sri Mulyani menjelaskan bahwa uang Indonesia tidak cukup. “Banyak juga negara lain yang berutang. Hampir seluruh negara tidak ada yang tidak berutang,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement