Harga CPO Rontok, Pendapatan Sawit Sumbermas Diestimasi Turun 5%

Image title
22 Oktober 2018, 16:01
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Petani memanen buah kelapa sawit di salah satu lahan perkebunan kelapa sawit di Desa Delima Jaya, Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, Riau.

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) memperkirakan pendapatan perusahaan hingga akhir tahun akan turun sekitar 5%. Melambatnya kinerja perseroan disebabkan oleh penurunan harga minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di pasar dunia yang dalam setahun terakhir mencapai 23% menjadi sekitar US$ 510 per ton.

Direktur Utama PT Sawit Sumbermas Tbk Vallauthan Subraminam mengatakan, perusahaan mengantisipasi penurunan harga CPO dengan meningkatkan volume produksi komoditas tersebut. "Tahun ini (produksi CPO) akan meningkat sekitar 20% hingga 25% (dibandingkan dengan tahun lalu)," kata Subraminam di Graha CIMB, Jakarta, Senin (22/10). Pada 2017, produksi CPO perseroan mencapai 294.613 ton. Dengan asumsi pertumbuhan 20-25%, produksi CPO perseroan tahun ini akan berkisar 353.535 ton-368.266 ton.

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan PT Sawit Sumbermas Tbk Nicholas Whittle mengatakan, perseroan fokus pada peningkatan produksi karena perkebunan sawit milik perusahaan masih terbilang muda. Rata-rata umur tanaman sawit yang mereka miliki adalah 8 tahun hingga 9 tahun.

"Padahal, kami sudah punya pohon yang mature atau berumur 13 tahun dengan produksi 30 ton per hektare. Kami punya rencana untuk menuju tingkat produksi rata-rata di atas 30 ton per hektare," kata Nicholas.

(Baca: Tiru Indonesia, Malaysia Dorong Permintaan CPO dengan Biodiesel)

Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement