Pertamina EP Temukan Cadangan Gas di Sulawesi Tengah

Anggita Rezki Amelia
22 Oktober 2018, 19:55
Menembus Bumi Menjemput Energi (Rig On Shore Pertamina)
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) saat ini tengah menggarap salah satu lapangan Jatiasri-9 (Jas-9) milik PT Pertamina EP, dengan mengoperasikan salah satu Rig Cyber - 55.

PT Pertamina (Persero) berhasil menemukan cadangan gas dan kondensat di Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Temuan cadangan ini merupakan hasil pengeboran sumur eksplorasi Wolai – 001 (WOL-001).

Sumur WOL -001 ini ditajak pada 17 Agustus 2018. Kedalaman akhirnya mencapai 2.365 meter.

Advertisement

Exploration & New Discovery Project Director PT Pertamina EP Achmad Alfian Husein mengatakan keberadaan cadangan itu sudah dipastikan melalui uji kandung lapisan (Drill Stem Test/DST) pada batuan karbonat formasi Mentawa. Uji kadnungan itu ada dua interval.

Meski begitu, Achmad berharap uji kandungan selanjutnya bisa mengalirkan hidrokarbon. Jika berhasil, perkiraannya, PT Pertamina EP bisa mendapatkan tambahan cadangan gas sekitar 200 juta kaki kubik.

Temuan cadangan ini bisa mendukung kinerja Donggi dan Matindok.  “Dengan temuan tersebut PEP bisa mempertahankan tingkat Reserve to Production Ratio yang menjamin keberlanjutan untuk meningkatkan daya dukung produksi di masa mendatang utamanya untuk memperpanjang masa produksi gas dari kawasan Donggi Matindok, Sulawesi Tengah,” ujar Achmad berdasarkan keterangan resminya, Senin (22/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement