Pertamina EP Tuntaskan 100% Survei 2D untuk Cari Cadangan Migas

Anggita Rezki Amelia
22 Oktober 2018, 12:55
Rig Minyak
Katadata

PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) telah berhasil menyelesaikan program seismik dua dimensi (2D) sesuai target tahun ini. Seismik 2D adalah melakukan pemetaan mencari migas dengan menggunaan teknologi awal.

Prinsip kerja seismik 2D adalah dengan mencatat pantulan getaran dari dalam tanah dengan kedalaman tertentu. Prosesnya bisa dengan menanamkan dinamit atau dengan menggunaakan rig pengeboran untuk membuat lubang di dalam tanah.

Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf mengatakan Per September 2018, seismik 2D Pertamina EP sudah mencapai sebesar 680 kilometer persegi (km2). Ini sudah 100% yang ditargetkan.

Sementara itu seismik 3D Pertamina EP hingga September 2018 baru mencapai 344 km2. Ini masih di bawah target perusahaan yang menargetkan sekitar 600 km2 tahun ini untuk seismik 3D.

Survei seismik 3D ini sebenarnya sama dengan 2D. Hanya, teknologi yang dipakai berbeda. Dengan seismik 3D maka akan menghasilkan gambar yang lebih baik dan lebih informatif, sehingga mempermudah menginterpretasikan hasil seismik. Kegiatan seismik dengan 3D digunakan oleh banyak ahli geologi untuk mencari ada atau tidaknya migas di bawah tanah.

Nanang mengatakan sebagai tahapan lanjutan, perusahaannya juga sudah menyelesaikan pengeboran enam sumur eksplorasi hingga kini.  "Direncanakan ada tiga sumur eskplorasi yang akan selesai tahun 2018,” kata dia berdasarkan siaran resminya yang diterima katadata.co.id, Senin (22/10).

Sumur-sumur tersebut berada di wilayah antara lain Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Sulawesi. Menurut Nanang berdasarkan hasil pemboran sumur eksplorasi tersebut, Pertamina EP mendapatkan tambahan sumber daya kontingen (2C) sebesar 12.96 MMBOE.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...