Bisnis Digital Indonesia: Pasar Besar, Minim Talenta

Desy Setyowati
23 Oktober 2018, 16:01
inovasi digital
123rf.com

Dengan jumlah penduduk melebihi 250 juta dan 50,4% di antaranya terkoneksi internet, Indonesia adalah pasar potensial untuk bisnis digital. Hanya, minimnya talenta masih menjadi tantangan bagi startup lokal untuk berkembang.

Asia Head, Internet Investments  International Finance Corporation (IFC) Pravan Malhotra mengatakan, setengah dari populasi Indonesia yang terpapar internet adalah potensi yang tak dapat dipungkiri. Selain itu, adanya 60 juta unit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia juga dinilainya menguntungkan bagi e-commerce.

Oleh karenanya, anggota dari Grup Bank Dunia ini fokus berinvestasi di sektor e-commerce khususnya model Business to Business (BtoB). "Saya kira ini adalah area yang menarik untuk kami fokus. Mendorong mereka untuk go-online. Untuk itu, saya menghabiskan banyak (investasi) pada rantai bisnis dan momentum itu," ujarnya dalam acara Tech In Asia di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (23/10).

(Baca juga: Gaet Pasar, Iflix dan Hooq Berlomba Hadirkan Konten Lokal)

Hanya, ia melihat minimnya talenta di Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan rintisan untuk berkembang. Sementara pengetahuan mengenai teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan big data sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan masyarakat. "Meski begitu, secara keseluruhan investasi di Indonesia positif," katanya.

Venture Partner, Insignia Ventures Partners Aaron Tan sependapat bahwa talenta di bidang teknologi sangat dibutuhkan. Selain itu, untuk bisa berkembang, startup juga memerlukan tim yang solid. "Yang utama adalah memiliki para pendiri dengan personal yang baik. Masalah lainnya adalah tim yang solid," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...