Paten HKI Memudahkan Mycotech Perluas Jaringan Bisnis

Dini Hariyanti
25 Oktober 2018, 16:19
inovasi digital
123rf.com

PT Miko Bahtera Nusantara menekankan pentingnya hak kekayaan intelektual (HKI) bagi perusahaan rintis atau startup. Perseroan yang bergerak di bidang bioteknologi ini menilai, paten HKI mempermudah upaya mengembangkan jaringan usaha.

CTO dan Co-Founder PT Miko Bahtera Nusantara Arekha Bentangan menuturkan, tak jarang startup di bidang ekonomi kreatif hanya memikirkan strategi pemasaran. Alhasil, mereka mengesampingkan paten HKI atas inovasi dan gagasan kreatif yang dimiliki.

"HKI ini seharusnya kita lindungi bahkan sebelum kita menjual produk kita. Model bisnis yang kami terapkan, salah satunya kami ingin menjual inovasi bioteknologi yang kami miliki. Ini tak bisa dilakukan tanpa paten HKI," ucapnya kepada Katadata.co.id, Kamis (25/10).

(Baca juga: Perkuat Modal, Bekraf Ajak Startup Industri Kreatif Melantai di Bursa)

Bisnis yang dijalankan PT Miko Bahtera Nusantara bermula pada 2012. Para pendirinya mengawali usaha mereka sebagai produsen jamur. Setahun kemudian, perseroan yang menaungi jenama Mycotech ini memperdalam risetnya terhadap fungi alias jamur.

Pengembangan inovasi yang dilakukan Arekha dan timnya berawal dari percobaan laboratorium sebelum memasuki tahap proyek percontohan. Kini, Mycotech hadir dalam wujud aneka material berbahan baku jamur yang sudah merambah pasar ekspor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...