Enam Infrastruktur Telekomunikasi Dibangun di Era Jokowi

Desy Setyowati
26 Oktober 2018, 10:03
Katadata 6
Katadata
Diskusi KatadataForum dengan tema "Transformasi Indonesia Menuju Raksasa Ekonomi Digital" di Jakarta, Selasa, (08/05)

Pemerintah mempersiapkan diri menghadapi era teknologi dengan membangun infrastruktur pendukung. Setidaknya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membangun enam infrastruktur telekomunikasi selama empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla (JK).

Pertama, proyek Palapa Ring. Pembangunan jaringan kabel serat optik paket barat sudah mencapai 100% dan tengah 98%. Sementara paket timur sudah terbangun 74%. Menteri Kominfo Rudiantara optimistis, seluruh kabel terbangun pada akhir tahun ini.

Advertisement

"Palapa Ring itu sudah direncanakan sejak 2005, tapi konsorsium bubar terus. Baru berhasil tahun ini," ujar dia di kantornya, Jakarta, Kamis (25/10).

Dengan demikian, Palapa Ring diharapkan bisa beroperasi tahun depan. Menurutnya, langkah pemerintah menggenjot infrastruktur seperti ini akan meningkatkan daya saing pelaku usaha nasional di tingkat global. "Dari konteks telekomunikasi, memang kita masih peringkat keempat di Asean. Maka kami terus dorong pembangunan infrastruktur teknologi komunikasi," ujarnya.

(Baca juga: Dua Strategi Tarik Pajak dari Produk Digital Asing)

Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah menyediakan layanan telekomunikasi secara merata. Maka, infrastruktur kedua yang dibangun adalah Base Transceiver Station (BTS) di 855 lokasi di daerah perbatasan Indonesia. Pembangunan ini terdiri dari 443 di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T); 316 di lokasi prioritas perbatasan; dan, 95 non komersil.

"Ini di wilayah yang operator tidak mau masuk (maka pemerintah yang membangun)," kata Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Anang Latif.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement