Suap Limbah Sawit, Tiga Bos Anak Usaha Sinar Mas Jadi Tersangka

Dimas Jarot Bayu
28 Oktober 2018, 21:20
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Tanaman yang sudah berusia lebih dari 25 tahun perlu diremajakan untuk memastikan tingkat produktivitas sesuai dengan kebutuhan industri, kelangsungan industri sawit serta kesejahteraan petani.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tujuh orang tersangka dalam kasus dugaan suap terhadap Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah atas pengawasan pembuangan limbah sawit di Danau Sembuluh. Mereka ditetapkan setelah lembaga antirasuah itu melakukan operasi tangkap tangan sejak Jumat (26/10) lalu di Jakarta.

Tiga dari tujuh tersangka berasal dari PT Binasawit Abadi Pratama, anak usaha dari Sinar Mas Group. Mereka yakni Direktur Binasawit/Wakil Dirut PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Edy Saputra Suradja, CEO Binasawit Wilayah Kalimantan Tengah bagian Utara Willy Agung Adipradhana, dan Manajer Legal Binasawit Teguh Dudy Syamsury Zaidy.

Empat tersangka lainnya berasal dari DPRD Kalimantan Tengah, yakni Borak Milton, Punding LH Bangkan, Arisavanah, dan Edy Rosada. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, empat anggota Komisi B DPRD itu diduga mendapatkan uang Rp 240 juta dari pengurus Binasawit. 

Suap diberikan lantaran DPRD sempat menerima laporan masyarakat terkait pembungan limbah pengolahan sawit di Danau Sembuluh. Laporan tersebut ditindaklanjuti DPRD dengan berkunjung serta bertemu pihak Binasawit. 

Dalam pertemuan itu, para anggota dewan menduga sejumlah perizinan Binasawit terkait lahan sawit bermasalah, seperti Hak Guna Usaha dan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH). Selain itu, jaminan pencadangan wilayah dari Binasawit dinilai bermasalah. “Diduga lahan sawit tersebut berada di kawasan hutan,” kata Laode di Jakarta, Sabtu kemarin.

Atas dasar itu, pihak Binasawit dan Komisi B mengadakan beberapa kali pertemuan untuk membicarakan sejumlah hal. Salah satunya adalah agar pihak dewan membuat rilis pers terkait HGU Binasawit di media.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...