Gaet Remaja, Facebook Bakal Rilis Aplikasi Pesaing Tik Tok

Desy Setyowati
29 Oktober 2018, 10:21
Facebook
ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville
Seorang perempuan menunggu lift di kantor Facebook, London, Inggris, (4/12)

Raksasa teknologi  Facebook dikabarkan bakal merilis aplikasi baru bernama Lasso. Aplikasi tersebut kabarnya bakal menjadi pesaing Tik Tok untuk memperebutkan pasar remaja.

Pengguna Lasso bisa merekam kegiatannya sambil menari dan melakukan sinkronisasi bibir atau lip sync lagu yang tengah diputar. "Ini (Lasso) pada dasarnya mirip Tik Tok. Tampilan aplikasi ini layar penuh, dibuat untuk remaja, lucu, menyenangkan, dan fokus pada kreasi," ujar salah seorang sumber dikutip dari Tech Crunch, akhir pekan lalu (27/10).

Aplikasi ini tampaknya memang dirancang untuk menjadi pesaing Tik Tok, sebab Facebook melihat pasarnya cukup besar. Musical.ly misalnya, memiliki 60 juta pengguna aktif bulanan, yang merupakan remaja dan pra-remaja. Sementara Tik Tok kini memiliki lebih dari 300 juta pengguna. "Banyak yang mereka (remaja) lakukan untuk menjadi keren," ujarnya.

Sumber yang merupakan pegawai Facebook tersebut mengatakan, aplikasi ini dikembangkan oleh anggota tim Video and Watch Facebook. Proyek ini dipimpin oleh Principal Lead Product Designer mereka, Brady Voss.

Voss sebelumnya bekerja di aplikasi TV Facebook dan Hello yang baru-baru ini ditutup. Ia sempat mengembangkan teknologi yang disebut Montage, yang menyajikan foto dalam satu unggahan pada saat pertemuan para penggiat teknologi atau Hackathon, 2016 lalu. Kini, ia kembali membuat proyek kreatif lewat Lasso. "Brady hebat dalam hal (fitur) kamera dan video yang menyenangkan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...