Realisasi Investasi Turun, Ini Pembelaan Pemerintah

Dimas Jarot Bayu
31 Oktober 2018, 17:33
Pertumbuhan Perkantoran New
Donang Wahyu | KATADATA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatatkan realisasi investasi langsung pada kuartal ketiga 2018 sebesar Rp 173,8 triliun, turun 1,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 176,6 triliun. Penurunan tersebut imbas realisasi penanaman modal asing (PMA) yang anjlok.

Melihat data tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan hal itu bukan karena kurangnya kebijakan proaktif dari pemerintah, namun lebih disebabkan kondisi ekonomi dunia yang belum stabil. “Ekonomi dunia sedang gonjang-ganjing, siapa yang mau berfikir investasi kalau begini?” kata Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (31/10).

(Baca: Investasi Turun, Bappenas Sebut Ada Masalah Perizinan & Faktor Pemilu).

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai sudah banyak kebijakan proaktif dari pemerintah untuk menjaga investasi. Sebagai contoh yakni pembentukan sistem perizinan usaha terintegrasi secara elektronik alias Online Single Submission (OSS).

Upaya lain yakni menjaga rasa aman para investor dengan membuat stabilitas di bidang politik dan keamanan. “Lalu efisiensi agar tidak terjadi biaya ekonomi yang bengkak. Infrastruktur kami benahi, listrik kami kasih akses,” kata Moeldoko.

Menurut Moeldoko, menurunnya realisasi investasi sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global. Karena itu, banyak negara yang telah memberikan kemudahan untuk investasi. Efeknya, jika iklim investasi di negara lain lebih menjanjikan, investor akan datang ke sana. Atas dasar ini pula pemerintah terus memperbaiki iklim investasi.

Sebelumnya, Kepala BKPM Thomas Lembong menilai turunnya realisasi investasi di kuartal ketiga kemarin tak hanya disebabkan dari pihak eksternal, melainkan internal Indonesia. Eksekusi dan implementasi kebijakan pro-investasi yang masih kurang menjadi salah satu penyebabnya.

Menurutnya, realisasi investasi saat ini merupakan panen dari upaya tahun lalu. Jika implementasi kebijakan pro-investasi tahun ini masih kurang untuk mendatangkan investasi, bukan tidak mungkin tahun depan realisasi investasi tetap menurun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...