Perusahaan Prancis Minat Investasi Energi Baru Terbarukan di Indonesia

Image title
1 November 2018, 21:25
Pembangkit tenaga angin
U.S. Department of Energy

Perusahan listrik asal Prancis, Electricite de France (EDF) berminat investasi di sektor energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. Mereka bahkan akan menggandeng beberapa perusahaan asal Indonesia untuk membangun pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan.

Salah satu perusahaan yang digandeng EDF adalah PT Indonesia Power. Kedua perusahaan ini bahkan sudah menandatangani nota kesepahaman untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Lokasi pembangunan pembangkit itu masih dirahasiakan. Yang jelas, pembangkit itu akan dibangun di daerah pulau-pulau terpencil di Indonesia. "Kami ingin kedepannya ada semacem solusi efisen energi di indonesia dengan menggandeng lokal partner," kata Group Senior Executive Vice President Internation Division, Marianne Laigneau, di Jakarta, Kamis (1/10).

EDF juga telah bekerjasama dengan Produsen Listrik Swasta (IPP) PT Kencana Energi Dunia untuk membangun empat PLTA di Sumatera dan Sulawesi. Total kapasitas 400 Megawatt (MW). Dua dari pembangkit itu masih tahap uji tuntas (due diligence) untuk menentukan nilai investasi.

Perusahaan nasional lainnya yang digandeng EDF adalah PT Adaro Energy. Kerja sama dengan perusahaan besutan Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir ini adalah kombinasi Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), dan batrai. “Untuk mengaliri listrik ke 5000 orang di suatu pulau," Chief Representative Director Indonesia Federic Fontan, di Jakarta, Kamis (1/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...