Empat Aspek yang Harus Ada Dalam Rencana Bisnis

Dini Hariyanti
2 November 2018, 20:53
Lexar.id
Lexar.id
Lexar.id, startup yang menyediakan bantuan legal bagi startup lain.

Keinginan merintis suatu usaha tidak hanya membutuhkan ide yang prospektif tetapi juga rencana terarah. Pendiri Maubelajarapa.com Jourdan Kamal menyebutkan ada empat hal utama dalam menyusun sebuah business plan.

Poin pertama ialah mendeskripsikan rencana bisnis jangka panjang menjadi target jangka pendek. Tiga hal selanjutnya adalah pentahapan langkah yang akan dilakukan, tenggat waktu, dan variasi rencana cadangan.

"Bikin ide gampang tapi yang menjadi pemenang adalah mereka yang mengeksekusi. Kunci eksekusi bisnis yang baik ya membuat rencana yang baik dulu," kata Jourdan kepada Katadata.co.id, Jumat (2/11).

(Baca juga: Pengalaman Konsumen, Kunci Pebisnis Kuliner Daring Gaet Pelanggan)

Pada saat memerinci rencana jangka panjang harus dibuat sedetail mungkin. Dengan kata lain, tidak sekadar memperjelasnya ke dalam rencana strategis jangka pendek, tetapi dibuat lebih spesifik menjadi target harian.

Setelah itu, pebisnis mulai mengelaborasi langkah riil yang akan dilakukan secara bertahap. Sekali lagi, imbuh Jourdan, tidak hanya membuat action step untuk rencana jangka panjang tetapi juga untuk setiap target harian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...