Kementerian ESDM Buka Lelang Tahap III untuk 4 Blok Migas Eksplorasi

Anggita Rezki Amelia
5 November 2018, 20:43
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka lelang blok minyak dan gas bumi (migas) tahap tiga untuk tahun ini. Lelang tahap tiga ini terdapat empat blok eksplorasi, yakni South Andaman, Anambas, South Sakakemang dan Maratua.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar lelang tersebut dibuka dengan skema gross split. "Tahap ketiga dibuka mulai hari ini, ada empat blok dilelang," kata dia di Jakarta, Senin (5/11).

Advertisement

Pada lelang kali ini Kementerian ESDM memberikan kemudahan kepada investor untuk mengakses data blok migas secara gratis. Di lelang sebelumnya akses data migas dikenakan biaya maksimal US$ 80 ribu per wilayah kerja. Kini biaya tersebut dihilangkan, hanya saja jika investor yang ikut lelang menjadi pemenang maka wajib membayar biaya akses data tersebut.

Mengacu data Kementerian ESDM, Blok South Andaman berada di lepas pantai Aceh. Blok ini berada di area 3.548,69 kilometer persegi (km2), kedalaman laut 100-1.500 meter. Cadangan gasnya 1.243,37 BCF dan minyak 218,92 MMBO.

Komitmen kerja pasti di Blok South Andaman minimal Geologi & Geofisika (G&G) dan seismik tiga dimensi (3D) sepanjang 500 km persegi berupa akuisisi data. Adapun bonus tanda tangannya sebesar US$ 2 juta.

Blok kedua yang dilelang adalah South Sakakemang. Luas areanya 2.145,11 km2 dan berada di daratan Sumatera Selatan. Cadangan blok ini 106.33 MMBO untuk minyak dan gasnya 603.91 BCF. Minimal komitmen pasti blok ini terdiri dari G&G dan seismik dua dimensi (2D) sepanjang 250 km.

Ketiga, Blok Anambas di lepas pantai Riau. Blok ini luasnya 3.434,33 km2. Cadangannya diperkirakan 260.36 BCF untuk gas dan 26.04 BSCF untuk kondensat. Bonus tanda tangan blok ini ditetapkan US$ 2 juta dan minimal komitmen pastinya terdiri dari G&G dan pengeboran satu sumur eksplorasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement