Analisa Sri Mulyani soal Penguatan Rupiah yang Kini Berkisar Rp 14.500

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Pingit Aria

Rabu 7/11/2018, 20.04 WIB

Dengan pertumbuhan di atas 5% dan inflasi di kisaran 3,5%, ia menekankan bahwa fundamental ekonomi cukup baik.

Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Rupiah terus menunjukkan penguatan terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pada perdagangan hari ini, seperti dilansir oleh Bloomberg, rupiah kembali menguat 1,45% dari penutupan perdagangan kemarin dan menyentuh nilai Rp 14.590 per dolar AS.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, investor melihat usaha yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan otoritas terkait.

"Dengan berbagai strategi yang kami lakukan bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kita menjaga stabilitas dari sektor keuangan dan stabilitas ekonomi," katanya di sela acara World Conference on Creative Economy (WCCE) 2018 di Nusa Dua, Bali, Rabu (7/11).

Seperti itu, ia juga menekankan bahwa fundamental ekonomi Indonesia cukup baik. Dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5%, inflasi terjaga di bawah 3,5%. "Kebijakannya sangat progresif, struktur kebijakan untuk investasinya juga ambisius," katanya.

(Baca juga: Lima Sebab Menguatnya Kurs Rupiah dalam Waktu Cepat)

Sri Mulyani pun berjanji untuk terus menjaga tren penguatan nilai tukar. Pasalnya, pada Desember mendatang, ada kemungkinan Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) akan menaikan kembali suku bunga acuan Fed Fund Rate.

Selain itu, perang dagang yang terjadi anatara AS dengan Tiongkok juga akan tetap memberikan sentiment terhadap dinamika nilai tukar rupiah. "Kita tetap menjaga fleksibilitas ekonomi. Sehingga waktu gejolak atau perubahan yang terjadi, ekonomi kita itu tidak mudah patah, meski mungkin bisa bergoyang, tapi kita tetap bisa bertahan," katanya.

Menurutnya, pemerintah akan menjalankan mitigasi berbagai factor penyebab fluktuasi rupiah. Seperti, dia akan fokus pada kebijakan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan industri kreatif.  

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha