Antam Berencana Buka Toko Emas Online pada Akhir 2018

Desy Setyowati
7 November 2018, 07:00
Antam
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Petugas memperlihatkan emas batangan yang ditransaksikan di Butik Emas Logam Mulia, gedung Aneka Tambang, Jakarta, Selasa (3/4).

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) resmi menggandeng PT Orori Indonesia sebagai satu-satunya reseller online swasta. Namun, Antam juga berencana membuka toko emas online sendiri pada akhir tahun ini.

General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam Abdul Hadi Aviciena mengatakan, perusahaan sudah mengembangkan toko emas online tersebut. "Semoga akhir tahun ini kami sudah bisa layani penjualan online," kata dia saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/11).

Saat ini, Antam tengah mengkaji logistik yang mumpuni untuk menyediakan layanan secara jual beli logam mulia secara daring tersebut. "Jalur distribusi kan kami atur lah. Semoga dari sisi harga juga lebih baik lagi," kata Hadi.

(Baca juga:  Antam Jual Emas Batangan secara Online Lewat Orori)

Adapun Orori menargetkan penjualan emas Antam mencapai 35 kilogram (kg) per bulan. Orori pun menggandeng perusahaan logistik seperti PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dan PT Repex Wahana (RPX) untuk menyalurkan produknya. Selain itu, Orori memberikan asuransi 100% atas produk yang dibeli lewat platform-nya.

Selain Orori, Antam memiliki tujuh reseller, di antaranya adalah PT Pos Indonesia dan PT Bank Jabar Banten (BJB) Syariah. Masyarakat juga bisa membeli emas secara resmi di 15 gerai Antam di 11 kota besar di Indonesia. 

Adapun Antam menargetkan penjualan emas naik 10 tahun tahun ini. Dikutip dari Kontan, penjualan bersih unaudited Antam mencapai Rp 12,55 triliun pada 2017 atau naik 38% dibanding 2016. Emas merupakan kontributor terbesar terhadap total nilai penjualan Antam selama 2017 yang sebesar Rp 7,37 triliun.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...