Antam Jual Emas Batangan secara Online Lewat Orori

Desy Setyowati
6 November 2018, 16:44
Emas Antam
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petugas menunjukkan imitasi emas logam mulia produk PT Aneka Tambang (Antam) yang dipamerkan di gerai Antam dalam sebuah pameran di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (9/9).

PT Orori Indonesia resmi menjadi reseller emas batangan dari PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Sebagai mitra e-commerce pertama Antam, Orori menargetkan transaksi emas batangan mencapai US$ 25 juta atau sekitar Rp 375 miliar per tahun.

Porsi logam mulia terhadap seluruh transaksi (Gross Merchandise Volume/GMV) Orori pun ditarget naik dari 30-40% saat ini menjadi 60-70% setiap tahunnya. "Minat masyarakat untuk membeli emas secara online naik signifikan," kata Direktur Orori Triono J Dawis saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/11).

Advertisement

Menurut dia, tingginya permintaan masyarakat ini tidak terlepas dari kondisi perekonomian tumbuh di kisaran 5%. Selain itu, penguatan dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah juga membuat banyak orang beralih ke investasi emas. "Petumbuhan harga emas batangan 25,75% pada 2017. Kenaikan ini jauh melebihi instrumen investasi lain," ujarnya.

Berdiri sejak 2012, saat ini pengguna aktif Orori mencapai 370 ribu per bulan. Selain itu, 50 mitra korporasi turut menggunakan jasa Orori. Triono menegaskan, perusahaannya menyediakan asuransi hingga 100% untuk setiap produk yang dibeli melalui platform-nya. Orori juga bekerja sama dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dan PT Repex Wahana (RPX). Keamanan seperti ini lah yang didorong untuk menggaet lebih banyak konsumen.

(Baca juga: Tokopedia Resmi Ganti Tokocash dengan OVO Milik Grup Lippo)

Selan itu, Orori menggandeng beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Shopee untuk menjual produknya. Emas Antam yang dijual di Orori juga dilengkapi dengan sertifikat yang menjelaskan tentang dimensi, berat, kadar kemurnian, dan nomor seri dari emas tersebut.

General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam Abdul Hadi Aviciena menambahkan, perusahaannya merupakan produsen emas batangan yang memiliki sertifikasi London Bullion Market Association (LBMA). Untuk itu, ia menjamin keamanan dan keaslian dari produknya.

Adapun Antam merilis produk kemasan Certicard sejak Juli 2017. Antam menjual emas batangan untuk ukuran 0,5 gram hingga 100 gram dalam kemasan baru tersebut. "Yang 100 gram memang favorit, tapi kan itu level Rp 62 juta-an," kata dia. "Permintaan emas batangan memang meningkat."

Orori merupakan situs jual beli perhiasan dan logam mulia di Indonesia yang berdiri sejak 2004. Produk yang disediakan antara lain cincin, kalung, gelang, anting, liontin, logam mulia Antam, pembersih dan kotak perhiasan. Bahkan, perhiasan yang dipesan bisa dikustomisasi. 

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement