Tumbuh 110% per Tahun, Warung Pintar Ekspansi ke Luar Jabodetabek

Desy Setyowati
7 November 2018, 18:55
Warung Pintar
Warung Pintar

Startup retail Warung Pintar berencana ekspansi ke luar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada akhir tahun ini. Hal ini sejalan dengan tingginya permintaan untuk menjadi mitra, yakni mencapai 4 ribu per bulan.

Hanya, CEO Warung Pintar Agung Bezharie belum mau menyebutkan jumlah atau kota yang bakal dituju. “Basisnya adalah kota yang permintaan untuk menjadi mitranya paling banyak dan pertumbuhan (ekonominya) cepat,” kata dia saat konferensi pers di Cocowork D.Lab, Jakarta, Rabu (7/11). 

Kendati permintaannya banyak, Warung Pintar hanya akan bermitra dengan 5 hingga 10% dari pendaftar tersebut. Sebab, Warung Pintar ingin memastikan ada keseriusan dari pelaku usaha yang bermitra. Untuk itu, Warung Pintar akan mengecek latar belakang dari pendaftar terlebih dulu. Selain itu, akan ditinjau pula lokasi dari pendaftar.

Saat ini, Warung Pintar memiliki 1.000 kios di Jabodetabek yang dioperasikan oleh lebih dari 2 ribu pengusaha mikro. Agung mencatat, pertumbuhan Warung Pintar mencapai 110% dalam setahun. Hal ini pula yang menjadi dasar bagi Warung Pintar untuk ekspansi ke luar Jabodetabek.

(Baca juga: Warung Pintar Dapat Suntikan Modal Rp 57,6 Miliar)

Ia menyebutkan, 57% mitra Warung Pintar sebelumnya tidak memiliki pekerjaan tetap. Ada pula yang sebelumnya membuka usaha warung tradisional. Untuk itu, ia mengklaim Warung Pintar berimplikasi secara sosial dan ekonomi setidaknya lima orang dari setiap satu mitra. Di antaranya satu pengelola kios, dua orang keluarganya, satu penjawa warung dan keluarganya.

Berdasarkan data internal,pendapatan mitra meningkat 37% setiap kuartal. Hal itu karena setiap mitra memiliki satu komunitas aktif yang jumlah anggotanya minimal 12 orang. Anggotanya seperti ibu rumah tangga, siswa, hingga komunitas ojek online. Setidaknya, ada 1.000 transaksi setiap bulannya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...