Boeing Terbitkan Buletin Manual untuk Atasi Masalah Angle of Attack

Hari Widowati
8 November 2018, 11:28
Lion Air Jatuh
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA.
Empat warga asal Amerika yang merupakan anggota Boeing dan anggota KNKT lainnya sedang mengindentifikasi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara (31/10). Boeing selaku pabrikan pembuat pesawat B737 MAX 8 menyediakan bantuan teknis untuk penyelidikan jatuhnya pesawat Lion Air penerbangan JT 610.\

Boeing Co menerbitkan Buletin Manual Operasional (Operational Manual Bulletin/OMB) yang memberikan panduan prosedur yang harus dilakukan awak pesawat ketika sensor Angle of Attack (AOA) mengalami masalah. Penerbitan buletin tersebut dilakukan untuk merespons temuan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada pesawat Boeing 737-800 MAX milik Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang.

Dalam pernyataan resmi di situs Boeing.com, perusahaan mengatakan Buletin Manual Operasional tersebut diterbitkan pada 6 November 2018. Indikator AOA digunakan untuk mengetahui posisi hidung pesawat. Jika hidung pesawat terlalu tinggi, pesawat bisa mengalami stall (mati mesin) dan terjatuh.

Advertisement

"Investigasi terhadap penerbangan Lion Air JT 610 sedang berlangsung dan Boeing terus bekerja sama sepenuhnya dan memberikan bantuan teknis atas permintaan tersebut dan arahan pejabat pemerintah yang menyelidiki kecelakaan itu," kata manajemen Boeing dalam pernyataan tertulis.

Boeing mengirimkan tim untuk memberikan dukungan dan bantuan teknis kepada KNKT Indonesia dalam investigasi penerbangan Lion Air JT 610. Boeing juga ikut berduka dengan kecelakaan yang menimpa pesawat Lion Air tersebut. "Kami menyampaikan simpati sepenuh hati kepada keluarga dan orang-orang mereka cintai yang berada di penerbangan tersebut," kata manajemen Boeing.

Boeing akan memberikan bantuan teknis atas permintaan dan arahan pejabat pemerintah yang menyelidiki kecelakaan itu. Sesuai dengan protokol internasional, semua pertanyaan tentang investigasi kecelakaan ini harus diarahkan kepada otoritas investigasi yang bertanggung jawab, yakni Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement