Perjalanan Alibaba Memanjakan Para Jomblo dengan Pesta Diskon

Muchamad Nafi
10 November 2018, 10:00
Jack Ma
Alibaba
Pendiri Alibaba Jack Ma di Hangzhou, Tiongkok (18/8).

Bagi Daniel Zhang, “Singles Day” tak sekadar sebuah tradisi di Tiongkok untuk merayakan mereka yang masih sendirian. Dengan jeli, lelaki yang tahun depan akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman Alibaba Group ini melihat perayaan para jomblo tersebut sebagai pasar besar dalam menggerakkan perdagangan dan industri digital.

Karena itu, sepuluh tahun lalu dia membuat konsep 11.11. Singles Day yang awalnya dirayakan oleh para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing, Cina, diubah menjadi acara belanja online terbesar tahunan di Tiongkok, bahkan di dunia. Ia membawa para jomblo yang biasanya berbondong-bondong ke karaoke, makan, dan kegiatan memanjakan diri lainnya beralih untuk memborong kado bagi diri mereka sendiri melalui platform online Tmall.

Advertisement

(Baca: Kapal Api - Indomie Hiasi Paviliun Indonesia di Pesta Belanja Alibaba).

Kali ini, Alibaba Group merencanakan 11.11 Global Shopping Festival yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. “Di balik transformasi digital Tiongkok yang sangat eksplosif, pertumbuhan luar biasa festival ini selama dekade terakhir telah mendukung kualitas konsumsi yang stabil,” kata CEO Alibaba Group Daniel Zhang ketika membuka festival ini beberapa waktu lalu.

Untuk pertama kalinya, Festival 11.11 di 2009 meraup tingkat transkasi di merchandise atau Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$ 7,8 juta. Tahun lalu, total GMV melejit hingga US$ 25,3 miliar. Hal ini seiring dengan pengguna internet di Tiongkok yang meningkat menjadi 802 juta dalam 10 tahun terakhir, dan 98 persen di antaranya mengakses internet melalui telepon genggam.

Berikut ini perjalanan satu dekade Alibaba memanjakan para lelaki atau perempuan yang masih melajang dengan diskon “gila-gilaan”. Di sejumlah negara, seperti Indonesia, Alibaba menggelar pesta diskon ini melalui Lazada. Ada 60 ribu merek internasional bagi konsumen Tiongkok. Sejauh ini, negara yang paling banyak menjual ke Cina yaitu Jepang, Amerika Serikat, Australia, Jerman, Korea Selatan.

(Baca: 11.11, Ajang Pesta Belanja untuk Para Jomblo).

2009

Taobao Mall (Tmall) mengadakan 11.11 untuk pertama kalinya. Tmall menawarkan potongan harga paling sedikit 50 persen dan bebas biaya pengiriman untuk 27 merek. Pada hari itu, total GMV mencapai RMB 52 juta, sekitar US$ 7,8 juta, melewati GMV rata-rata per hari pada tahun itu yang hanya RMB 8 juta

2010

Taobao Mall meluncurkan domain  www.tmall.com di Beijing. Total GMV melebihi US$ 14 juta dan GMV dari 28 merek melebihi RMB 1 juta

2011

Ada 2.200 toko berpartisipasi dalam festival belanja di tahun ini. Total GMV melebihi RMB 100 juta dalam 8 menit setelah 11.11 Global Shopping Festival dibuka dan tembus RMB 1 miliar dalam 10 jam. Total transaksi di Alipay mencapai 100 juta transaksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement