Rayakan 10 Tahun, Pesta Diskon Alibaba Dimulai

Redaksi
Oleh Redaksi
20 Oktober 2018, 07:27
CEO Alibaba Group Daniel Zhang
Katadata | Istimewa

Banyak pihak memanfaatkan tanggal cantik untuk berbagai tujuan, termasuk para pelaku di industri retail. Demikian pula dengan Alibaba, raksasa e-commerce dan salah satu perusahaan teknologi terbesar asal Tiongkok itu.

CEO Alibaba Group Daniel Zhang, kemarin meluncurkan acara 11.11 Global Shopping Festival 2018 di Tiongkok. Dia menjanjikan acara tahun ini akan menjadi yang terbesar dari segi skala dan jumlah partisipan.

(Baca juga: Lewat Alibaba, RI Ingin Manggis Saingi Durian Thailand di Tiongkok).

“Tahun ini kami memperingati hari jadi 11.11 yang ke-10. Pertumbuhan luar biasa festival ini selama dekade terakhir telah mendukung kualitas konsumsi yang stabil,” kata Zhang melalui keterangan resminya, Jumat (19/10). “Evolusi ini juga menunjukkan perkembangan ekosistem Alibaba dari waktu ke waktu, yang berkembang melampaui sekadar e-dagang.”

Untuk mensukseskan pesta belanja online yang akan bertaburan diskon ini, seluruh bisnis yang berada di ekosistem Alibaba akan mendukung secara penuh. Mereka menghadirkan pengalaman belanja bagi ratusan juta konsumen yang ingin mendapatkan produk berkualitas tinggi, hiburan, serta pelayanan yang cepat dan dapat diandalkan.

Menurut Zhang, kali ini ada strategi New Retail Alibaba yang menggabungkan retail daring (online) dan luring (offline) melalui teknologi. Ini merupakan langkah lanjutan dari konsep 11.11 yang ia cetuskan satu dekade lalu. Pada awalnya, 11.11 atau ‘Single’s Day’ merupakan hari perayaan untuk mereka yang belum memiliki pasangan atau single di Cina. Zhang kemudian mentransformasi tanggal tersebut menjadi ajang berbelanja terbesar di dunia.

Bila di tengok ke belakang, Festival 11.11 pertama di 2009 meraup tingkat transkasi di merchandise atau Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$ 7,8 juta. Tahun lalu, total GMV melejit hingga US$ 25,3 miliar. Hal ini seiring dengan pengguna internet di Tiongkok yang meningkat menjadi 802 juta dalam 10 tahun terakhir, dan 98 persen  di antaranya mengakses internet melalui telepon genggam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...