Sri Mulyani Siapkan 100 Beasiswa S2 dan S3 untuk Santri dan Ustaz

Dimas Jarot Bayu
12 November 2018, 20:00
Duta Bahasa Pelajar
ANTARA FOTO/Agus Bebeng
Ilustrasi. Pemerintah menyediakan 100 beasiswa LPDP untuk santri, ustaz dan tenaga pendidik lingkungan pesantren.

Pemerintah memberikan beasiswa bagi santri, ustaz, dan tenaga pendidik di pondok pesantren melalui program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa ini diperuntukkan agar mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang magister (S2) dan doktoral (S3).

Pada tahap pertama beasiswa akan diberikan untuk 100 santri, ustaz, atau tenaga pendidik di pondok pesantren. Beasiswa ini juga dapat diikuti alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (APBS) yang pada saat mendaftar aktif dalam pengembangan pondok pesantren minimal tiga tahun terakhir.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, program ini merupakan wujud komitmen pemerintah terhadap santri dan pondok pesantren. Lukman menilai santri dan pondok pesantren merupakan unsur penting dalam perkembangan keagamaan Indonesia saat ini.

"Ini adalah sesuatu yang patut kita syukuri dalam rangka penguatan tidak hanya institusi pondok pesantren, tapi juga sekaligus para aktor, para pengasuh, pengelola," kata Lukman di kantornya, Jakarta, Senin (12/11).

(Baca juga: Bank Dunia: Kualitas Pendidikan Indonesia Masih Rendah)

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, beasiswa ini merupakan suatu afirmasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Sebab, kualitas SDM penting untuk menghadapi persaingan global dan perkembangan teknologi selama ini.

Sri Mulyani mengatakan, kualitas SDM Indonesia saat ini masih cukup rendah. Berdasarkan data Human Capital Index dari Bank Dunia, kualitas SDM Indonesia hanya memiliki skor 0,53. Indonesia menempati peringkat 87 dari 126 negara yang ada dalam Human Capital Index.

"Kalau dihadapkan pada negara berpendapatan menengah atas, (Human Capital Index) kita masih tertinggal," kata Sri.

(Baca: Jumlah Pengangguran Naik Jadi 7 Juta Orang, Porsi Lulusan SMK Tinggi)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...