Transaksi E-commerce Naik 5 Kali Lipat Saat Festival Belanja 11.11

Desy Setyowati
14 November 2018, 18:47
Harbolnas
Panitia Harbolnas
Dari kiri ke kanan: Radityo Triatmojo (Head of Government Relations Shopee Indonesia), Indra Yonathan (Country Head of ShopBack Indonesia/Ketua Harbolnas 2018), Heri Susanto (Co Founder KataData), Tjahya WIdayanti (Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan), Igusti Ketut Astawa (Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan), Ignatius Untung (Ketua idEA) saat Media Briefing Harbolnas 2018 di Jakarta, Selasa (13/11). Panitia Harbolnas menargetkan total transaksi s

Platform penunjang gaya hidup Shopback mencatat, transaksi selama festival belanja 11.11 pada 11 November 2018 naik lima kali lipat dibanding periode sama tahun lalu. Untuk itu, Shopback optimistis festival belanja selanjutnya bakal lebih baik.

Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan mengatakan, rerata belanja per pelanggan pada 11 November lalu senilai Rp 840.177 atau naik 63% dibanding tahun lalu. "Pada 11.11 merupakan ajang pemanasan e-commerce sebelum puncaknya, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (14/11).

Kategori produk yang paling banyak dicari pada festival belanja 11 November lalu, meliputi fesyen, travel, kecantikan dan kesehatan, peralatan rumah tangga serta groceries. "Peningkatan nilai penjualan ini menunjukkan ketertarikan masyarakat Indonesia akan pesta belanja online semakin besar," kata dia.

(Baca juga: JD.ID, Lazada dan Shopee Dominasi Pesta Online 11.11 di Indonesia)

Sepanjang festival belanja 11.11 kemarin, tiga platform e-commerce yang populer adalah Shopee, Lazada dan Blibli. Adapun waktu yang paling sering dikunjungi pengguna untuk berbelanja pada hari tersebut adalah pukul 9 hingga 11 pagi dan 11 hingga 12 malam.

Sejalan dengan hal itu, Yonathan yang juga menjabat Ketua Panitia Harbolnas 2018 menargetkan, nilai transaksi hingga Rp 7 triliun. Target tersebut naik hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Menurut Heri Susanto, Co-Founder & Chief Content Officer Katadata.co.id, target transaksi dalam Harbolnas tahun ini dinilai cukup realistis, sebab masyarakat telah terbiasa berbelanja online. “74% konsumen e-commerce rutin berbelanja online,” kata dia.

(Baca juga: Menakar Peluang UKM Melipat Untung di Pesta Diskon Akhir Tahun)

Tahun ini, Harbolnas diikuti lebih dari 300 e-commerce, seperti Lazada, Shopee, Blibli, Elevenia, Zalora, serta didukung oleh Bank Mandiri dan Midtrans sebagai official sponsor, CIMB Niaga, ShopBack, Jaringan Prima, IMX, PopBox dan JET sebagai official partner.

Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...