Menteri ESDM Bantah Defisit Neraca Dagang Bengkak karena Impor Migas

Image title
15 November 2018, 18:11
Jonan ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan buka suara mengenai defisit neraca perdagangan periode Oktober 2018. Ia membantah, defisit itu tercipta karena impor minyak dan gas bumi (migas) yang membengkak. Namun, penyebab defisit adalah ekspor nonmigas yang masih rendah.

Jonan pun membandingkan kondisi Indonesia dan negara lain. Salah satunya adalah Jepang. Menurutnya, Jepang adalah negara yang tidak memiliki sumber daya alam berupa minyak gas bumi. Negara berjuluk “Negeri Sakura” itu mengimpor kedua komoditas itu. Bahkan impornya jauh lebih besar dari Indonesia.

Advertisement

Namun, yang terjadi di Jepang, tingginya impor itu diimbangi oleh ekspor yang juga besar. Hal itu lah yang seharusnya dilakukan Indonesia, yakni meningkatkan ekspor barang. Minyak dan gas bumi yang diimpor harus menjadi alat produksi, sehingga menghasilkan nilai ekspor dari produk lain.

Tidak hanya Jepang, menurut Jonan negara seperti Tiongkok, Singapura dan Hong Kong juga memiliki impor yang besar. Bahkan, Tiongkok bisa mengimpor minyak 3 juta barel per hari. Akan tetapi, mata uang dari negara-negara itu masih kuat karena ditopang ekspor yang juga tinggi.

Jonan mengatakan impor migas di Indonesia tidak diimbangi peningkatan ekspor. Alhasil, masih defisit. “Menurut saya ekspor produk sektor lainnya, nonmigasnya kurang,” kata dia di Jakarta, Kamis (15/11).

Penyebab lainnya neraca perdagangan defisit adalah harga mnyak mentah yang naik. Kenaikan harga minyak ini mentah juga mendongkrak harga produk Bahan Bakar Minyak (BBM).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement