Jadwal Uji Coba Teknologi EOR Lapangan Tanjung Mundur ke Desember

Anggita Rezki Amelia
19 November 2018, 18:22
Menembus Bumi Menjemput Energi (Rig On Shore Pertamina)
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
ilustrasi.

Uji coba penggunaan teknologi tingkat lanjut (Enhanced Oil Recovery/EOR) PT Pertamina (Persero) EP secara penuh di Lapangan Tanjung, Kalimantan Selatan mundur dari jadwal. Padahal targetnya kegiatan itu akan dilakukan bulan ini, tapi mundur ke Desember.

Public Relation Manager Pertamina EP Hermansyah Y Nasroen mengatakan pihaknya masih mempersiapkan beberapa hal sebelum melakukan kegiatan tersebut, seperti peralatan dan lokasi. “Rencana Desember akan launching, untuk detailnya nanti tunggu saat diresmikan," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (19/11).

Adapun EOR yang akan diterapkan di Lapangan Tanjung tersebut menggunakan material polimer. Injeksi polimer merupakan salah satu teknik kimiawi yang digunakan dalam proses perolehan minyak atau EOR tersebut. 

Pertamina tidak sendiri dalam uji coba ini. Rencananya, Pertamina akan melakukan kerja sama operasi dengan Repsol, yakni kerja sama penggunaan teknologi EOR di Lapangan Tanjung.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beserta Pertamina EP pun telah membentuk tim pemantauan pelaksanaan peningkatan produksi minyak bumi di lapangan Tanjung. Ini dalam rangka menyusun langkah strategis untuk percepatan peningkatan produksi di lapangan tanjung dengan metode EOR.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...