Jumlah Pelanggan Turun, Indosat Perbaiki Jaringan dan Promosi

Desy Setyowati
19 November 2018, 18:03
Gerai Indosat
Arif Kamaluddin | Katadata

PT Indosat Tbk. mencatat penurunan jumlah pelanggan sekitar 33,9% menjadi 64,1 juta sejak awal tahun hingga September 2018. Oleh karena itu, perseroan fokus memperbaiki jaringan dan meningkatkan promosi guna mendongkrak kuantitas pelanggan.

Group Head Regional Marketing Indosat Gede Krishna Jaya mengatakan, perusahaan membangun sekitar 4.300 Base Transceiver Station (BTS). Mayoritas belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini dialokasikan untuk investasi jaringan ini.

Indosat juga berupaya memperluas jaringan di luar Pulau Jawa. "Kami agak terlambat menyasar pasar luar Jawa. Itu fakta. Komitmen kami, mulai merambah luar Jawa secara intensif, tidak hanya inner city saja," kata Gede, di Jakarta, Senin (19/11).

(Baca juga: Transformasi Bisnis Digital Indosat Dijanjikan Tanpa PHK

Dia menjelaskan, perseroan hendak menggunakan satelit Palapa Ring untuk memperluas akses jaringan bagi pelanggan di kawasan Indonesia timur. Pasalnya, pembangunan backbone sendiri membutuhkan investasi yang jauh lebih mahal.

"Kesulitan kami kalau jaringan bukan radionya, tapi backbone. Backbone mahal apalagi timur, jadi kami akan pakai fasilitas pemerintah," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...