Kontrak Tiga Blok Migas Terminasi Diteken Akhir Bulan Ini

Anggita Rezki Amelia
21 November 2018, 19:10
Migas
Dok. Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penandatanganan kontrak baru tiga blok minyak dan gas bumi (migas) terminasi bisa terlaksana bulan ini. Tiga blok itu yakni Coastal Plains and Pekanbaru (CPP), Tarakan, dan Tungkal yang kontraknya berakhir tahun 2022.

Sebelum menandatangani kontrak, kontraktor di tiga blok tersebut harus membayar beberapa kewajiban seperti bonus tanda tangan atau jaminan pelaksanaan. Kontrak ini menggunakan skema gross split

Menurut Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto, dalam waktu ada kontraktor yang akan membayar kewajiban tersebut, yakni Medco untuk Blok Tarakan. Perusahaan besutan keluarga Panigoro ini akan membayar kewajiban tersebut 27 November 2018 nanti

Djoko berharap jika proses tersebut selesai, tiga kontrak blok tersebut diteken akhir bulan ini. "Mudah-mudahan akhir bulan ini," kata dia di Jakarta, Rabu (21/11).

Kementerian ESDM telah memutuskan nasib pengelolaan tiga blok terminasi tersebut. Pertama, Blok CPP diberikan kepada Bumi Siak Pusako 100%. Saat ini blok tersebut masih dikelola oleh BOB Pertamina Bumi Siak Pusako.

Bumi Siak Pusako akan mendapatkan hak kelola Blok CPP selama 20 tahun setelah kontrak berakhir. Kontrak Blok CPP akan berakhir 8 Agustus 2022.

Adapun, dalam pengelolaan Blok CPP nantinya, Bumi Siak Pusako tidak wajib memotong 10% hak kelola ke pemerintah. Alasannya, mereka merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...