Utang Susut 44%, Saham Bakrie & Brothers Dikuasai Kreditor Asing

Image title
21 November 2018, 20:03
Telaah - Utang Lippo
lightwise/123rf
Ilustrasi restrukturisasi utang

PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) mendapatkan persetujuan dari pemegang saham untuk merestrukturisasi utang senilai Rp 9,38 triliun melalui penerbitan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (private placement) dan obligasi wajib konversi (OWK). Dengan restrukturisasi tersebut, utang perusahaan akan berkurang 44% dari Rp 21,01 triliun menjadi Rp 11,75 triliun. Selanjutnya, mayoritas saham perusahaan ini akan dikuasai kreditor asing.

Persetujuan tersebut didapatkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar hari ini, Rabu (21/11), di Manhattan Hotel, Jakarta. Direktur Utama Bobby Gafur S Umar mengatakan, sebanyak 66,69% pemegang saham memberikan restu terhadap aksi korporasi tersebut meskipun kepemilikan sahamnya akan terdilusi hingga 92,37%. Investor tidak mempermasalahkan dilusi kepemilikan saham, mereka lebih peduli pada upaya untuk menyehatkan perusahaan.

"Kalau utang selesai, beban di buku setahun dari bunga (utang) sebesar Rp 1 triliun akan hilang," kata Bobby usai RUPSLB yang berlangsung selama sekitar dua jam. Pasca transaksi ini, total ekuitas perseroan yang semula defisit Rp 7,2 triliun per Juni 2018 akan menjadi positif Rp 2,05 triliun. Total kewajiban (liabilitas) Bakrie & Brothers juga akan turun 44% menjadi Rp 11,75 triliun. Dengan penurunan liabilitas ini, rasio utang terhadap aset (debt to asset ratio) juga akan turun dari 1,52 kali menjadi 0,85 kali.

Emiten berkode BNBR ini akan menerbitkan 8,65 miliar saham baru dan OWK yang dapat dikonversi menjadi saham baru perseroan sebanyak 137,97 miliar saham. Alhasil, total saham baru yang akan diterbitkan mencapai 146,63 miliar saham atau 92,37% dari total modal ditempatkan dan disetor setelah terjadinya transaksi.

Adapun, harga pelaksanaan saham baru ditetapkan Rp 64 per saham. Jangka waktu konversi OWK adalah 5 tahun setelah penerbitan sertifikat OWK.

(Baca: Restrukturisasi Utang, Bakrie Brothers Jual Saham Baru Rp 9,3 Triliun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...