Imbas Kenaikan Bunga BI, Ekonomi 2019 Diperkirakan Hanya 5,1 %

Rizky Alika
22 November 2018, 11:50
Gedung pertumbuhan
Bernard Chaniago|KATADATA

Untuk kesekian kalinya, Bank Indonesia menaikkan suku bunga BI 7 Days Repo menjadi 6 persen pada Kamis pekan lalu.  Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Gunawan mengatakan kenaikan bunga acuan BI akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi 2019 menjadi 5,1 persen, di bawah target pemerintah sebesar 5,3 persen.

Perlambatan tersebut disebabkan oleh investasi yang terbatas lantaran kenaikan bunga acuan BI. “Kami lihat ada tightening yang terjadi. Karena bunga acuan naik, ada dampak sedikit,” kata dia kepada katadata.co.id usai acara Indonesia Investment Conference & Exhibition 2018 di Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu (21/11).

Ia memperkirakan likuiditas global akan berkurang sehingga mempengaruhi investasi asing alias foreign direct investment (FDI). Di sisi lain, upaya pemerintah menarik investor asing masih memerlukan masa transisi selama setengah tahun.  (Baca: Era Bunga Tinggi Dimulai, BI Potong Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2019).

Sementara itu, konsumsi rumah tangga juga diperkirakan terpengarauh oleh kenaikan bunga acuan. Penurunan konsumsi disebabkan oleh kenaikan suku bunga kredit. Apalagi, Anton menilai upaya pemerintah dalam menekan impor dan meningkatkan ekspor belum maksimal. Hal ini turut memengaruhi capaian pertumbuhan tahun depan. 

Walaupun, menurut dia, kenaikan bunga acuan BI sebanyak 170 basis poin sepanjang tahun ini belum berdampak sepenuhnya terhadap bunga kredit. “Biasanya ada lack, belum semua menaikkan lending rate. Tapi sebagian sudah,” ujarnya. 

Setali tiga uang, ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan kenaikan bunga acuan BI akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi tahun depan. Ia memperkirakan kenaikan kredit imbas dari kebijakan BI akan memotong pertumbuhan 2019 menjadi 5,1 persen, sesuai batas bawah proyeksi BI.

“Transmisinya ke KPR (kredit pemilikian rumah), kredit kendaraan motor mahal. Padahal backbone pertumbuhan ialah konsumsi rumah tangga,” kata dia. Meskipun, ia meyakini kenaikan bunga acuan tidak langsung berdampak pada kenaikan kredit tahun ini, tapi pada 3-5 bulan mendatang. Akibatnya, masyarakat akan menahan dan berhati-hati dalam belanja. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...