PLTU Sintang Beroperasi, Jumlah Masyarakat yang Menikmati Listrik Naik

Arnold Sirait
22 November 2018, 10:37
Listrik
Katadata | Arief Kamaludin
ilustrasi.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sintang di Kalimantan Barat resmi beroperasi. Dengan beroperasinya PLTU berkapasitas 21 Megawatt (MW) ini, sekitar 16.153 pelanggan dapat teraliri listrik, dengan asumsi daya tersambung sebesar 1300 Volt Ampere (VA) per pelanggan.

PLTU Sintang yang memiliki tiga unit pembangkitan berkapasitas masing-masing 7 MW ini sebenarnya telah siap menyalurkan listrik secara komersial untuk masyarakat sejak 4 Oktober 2018. Namun, Rabu (21/11) lalu, baru diresmikan.

Peresmian PLTU yang berlokasi di Kelurahan Kedabang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, ditandai dengan dengan menekan sirene dan menandatangani prasasti. Acara itu dihadiri Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Machnizon Masri dan Bupati Sintang Jarot Winarno.  

Dalam sambutannya, Machnizon menyampaikan PLTU Sintang ini merupakan bagian dari proyek pembangunan PLTU berskala kecil yang dilaksanakan PLN di kawasan Kalimantan. Selain di Sintang, di Provinsi Kalimantan Barat telah dilaksanakan pembangunan PLTU skala kecil di Ketapang dan Sanggau. Keduanya telah beroperasi penuh.

Nilai investasi pekerjaan konstruksi PLTU Sintang mencapai Rp 357 miliar. Dalam masa pekerjaan konstruksi, PLN melibatkan sekitar 500 lebih tenaga kerja lokal di sekitar PLTU. Adapun, selama beroperasi ada 114 tenaga kerja lokal yang dipekerjakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...