32 Proyek Listrik Energi Terbarukan Belum Dapat Kejelasan Dana

Image title
19 November 2018, 13:01
PLTA PLN Bogor
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
ilustrasi.

Hingga kini, ada 32 proyek pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan yang belum memiliki kepastian pendanaan. Mereka bagian dari 70 proyek yang sudah menandatangani kerja sama jual beli listrik (Power Purchasing Agreement/PPA) dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) tahun lalu.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN Djoko Rahardjo Abu Manan mengatakan dari 70 itu ada 38 proyek yang belum mendapatkan pendanaan (financial close). Namun, belakangan, enam proyek mendapatkan pendanaan, tapi belum menyelesaikan administrasi dengan PLN.

Dari 32 proyek itu, sebenarnya ada tujuh proyek yang mendapatkan pendanaan dari The Tropical Landscapes Finance Facility (TLFF). Rekomendasi tersebut diajukan Indonesia Climate Change Development (ICED) pada konsultan TLFF saat forum Dana Moneter Internasional (IMF)-World Bank, di Bali, 8-10 Oktober 2018.

Namun, hingga kini belum menemukan kesepakatan dalam bernegosiasi. Proyek yang direkomendasikan kebanyakan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm).

Meski begitu, menurut Djoko, yang belum mendapatkan pendanaan belum akan dicabut.  “Kami masih akan ketemu lagi," kata Djoko, kepada Katadata.co.id, Jumat (19/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...