Prioritaskan Jakarta-Cikampek Elevated, LRT dan Kereta Cepat Ditunda

Ameidyo Daud Nasution
22 November 2018, 10:50
LRT
Akbar Nugroho Gumay|ANTARA FOTO
Pembangunan Light Rail Transit (LRT) dan Kereta Cepat untuk sementara dihentikan agar penyelesaian Tol Jakarta-Cikampek II Elevated tidak molor.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat angkat bicara soal dihentikannya proyek Light Rail Transit (LRT) Cawang-Bekasi Timur serta Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Hal tersebut dilakukan karena pembangunan tol Jakarta-Cikampek II Elevated telah molor dari target.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, proyek tol Jakarta-Cikampek II Elevated ditargetkan rampung sebelum Idul Fitri 2019. Namun, proyek tersebut terancam mundur hingga Oktober 2019. Oleh sebab itu, langkah diambil oleh pemerintah untuk menunda sementara kedua proyek kereta tersebut. "Sehingga diharapkan (tol) bisa digunakan pada Hari Raya (Idul Fitri)," kat Herry kepada Katadata, Rabu (21/11).

Herry menjelaskan, potensi terlambatnya tol beroperasi lantaran harus berbagi jam kerja konstruksi dengan LRT dan kereta cepat. Dengan ditundanya dua proyek strategis lain, target penyelesaian Tol Jakarta-Cikampek II Elevated dapat dikembalikan lagi.

Meski demikian, Herry juga mengaku akan memacu pekerjaan tol Jakarta-Cikampek II Elevated lebih cepat lagi. Saat ini, BPJT dan pihak lain sedang menyusun detail percepatan yang dimaksud untuk mengejar target beroperasinya tol ini.

(Baca: Sisa Setahun, Pemerintah Harus Selesaikan 911 Kilometer Jalan Tol)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...